PLN Klaim Motor Listrik Minim Biaya Perawatan, Bensin Lebih Irit

Wahyudi Aulia Siregar
Kamis 04 Agustus 2022 07:52 WIB
PLN Klaim Motor Listrik Minim Biaya Perawatan, Bensin Lebih Irit
Motor listrik hanya membutuhkan 3,5 kWh untuk menempuh jarak 50-60 kilometer. (Foto: celebrities.id/Wahyudi)

SAMOSIR, celebrities.id - PLN terus mendorong program pemerintah dalam penggunaan kendaraan bermotor berbasis baterai sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

"Kampanye kendaraan listrik ini bukan sekedar perjalanan menggunakan kendaraan listrik di kawasan wisata di Pulau Samosir dengan rute sepanjang lebih kurang 35 KM. Tetapi juga sebagai pembuktian bahwa PLN UIW Sumatera Utara telah siap mendukung penggunaan kendaraan listrik di tempat objek wisata," kata Direktur Regional Bisnis Sumatera Kalimantan, Adi Lumakso, Rabu (3/8/2022). 

Hal itu diungkap saat kampanye bersama 50 unit motor listrik menjajal jalanan di Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara. Mereka memulai rute dari objek wisata Pantai Batu Hoda menuju Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Boho dengan menempuh jarak sekira 25,7 kilometer. 

Kemudian rombongan melanjutkan parade dan berakhir di  wisata air terjun Elfrata dengan menempuh medan jalan yang menanjak dengan jarak sekira sembilan kilometer. Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye penggunaan energi bersih dengan mengajak masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik. 

Adi menyebutkan kampanye ini merupakan ajang pembuktian kepada seluruh masyarakat khususnya di Sumatera Utara, bahwa saat ini pengguna kendaraan listrik di Sumatera Utara terus meningkat. Selain itu, menggunakan kendaraan listrik sangat aman, nyaman, ramah lingkungan, serta jauh lebih efisien dibandingkan menggunakan kendaraan konvensional.

 

1
/
2