Podcast Aksi Nyata Perindo: Pandemi Melandai, Momentum Industri Kreatif dan UMKM Sumut Bangkit

Inin Nastain
Minggu 24 Juli 2022 20:02 WIB
Podcast Aksi Nyata Perindo: Pandemi Melandai, Momentum Industri Kreatif dan UMKM Sumut Bangkit
Sejumlah pekerjaan rumah menanti untuk segera ditangani guna kebangkitan industri kreatif dan UMKM seiring melandainya pandemi Covid-19. (Foto: YouTube/Partai Perindo)

JAKARTA, celebrities.id - Sejumlah pekerjaan rumah menanti untuk segera ditangani guna kebangkitan industri kreatif dan UMKM. Apalagi, kondisi kedua bidang itu sempat limbung setelah dihantam pandemi Covid 19 dalam sekitar dua tahun terakhir.

Ketua DPW Perindo Sumut Rudi Zulham menjelaskan, pandemi sebenarnya tidak hanya berdampak terhadap jatuhnya UMKM dan industri kreatif saja. 

"Sebenarnya bukan hanya industri kreatif, tapi semua dunia usaha terpukul. Kita melihat memang dua tahun ini semua aspek kehidupan porak-poranda, boleh dibilang. Namun kita melihat banyak juga kebijakan pemerintah turut, bagaimana mengantisipasi keadaan," kata Rudi dalam  Podcast Aksi Nyata #DariKamuUntukIndonesia dengan tema 'Pengembangan SDM dan industri kreatif  untuk Sumatera Utara sejahtera,' Minggu (24/7/2022).

Seiring sudah semakin landainya kasus, kata dia, industri kreatif di Sumatera Utara kini mulai kembali bangkit. Begitu juga dalam sektor pariwisata.

"Sudah mulai berkembang kembali. Dana itu sangat kita syukuri. Sumatera Utara sendiri kan provinsi terbesar di luar Jawa. Kota Medan juga terbesar ke tiga di luar Jawa. Dan potensi wisatanya juga luar biasa. Ada Danau Toba. Alhamdulillah hari ini Pemerintah, Presiden Jokowi (Danau Toba) ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas," jelas dia.

Untuk mempercepat kebangkitan industri kreatif, jelas dia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pelatihan, mutlak harus dilakukan pemerintah agar pelaku industri kreatif dan UMKM itu bisa segera bangkit maksimal setelah didera Pandemi Covid.

"Saya melihat, dalam perjalanannya bahwa ke depan pemerintah harus melatih UMKM yang ada. Yang dibutuhkan bagaimana produk UMKM itu semakin diminati, itu kemasan tentunya. Pelatihan packaging ini luar biasa sebenarnya," beber dia.

 

1
/
2