Pol Espargaro Beberkan Permasalahannya dengan Honda, Berawal saat MotoGP Indonesia 2022

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu 17 September 2022 20:43 WIB
Pol Espargaro Beberkan Permasalahannya dengan Honda, Berawal saat MotoGP Indonesia 2022
Pol Espargaro Beberkan Permasalahannya dengan Honda, Berawal saat MotoGP Indonesia 2022. (Foto: celebrities.id/Instagram @polespargaro)

JAKARTA, celebrities.id - Pembalap Repsol Honda Pol Espargaro semakin terpuruk di MotoGP 2022. Dia mengungkap penurunan performanya itu berawal saat di MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, 20 Maret 2022.

Pembalap Spanyol ini sebenarnya menjadi salah satu yang diharapkan dalam MotoGP 2022 ini. Hal itu terlihat dari kemampuannya bersaing di urutan depan saat pramusim.

Tren itu berlanjut saat di seri pertama MotoGP Qatar 2022. Dia berhasil meraih podium ketiga dan mendapatkan 16 poin pertamanya. Namun itu semua berubah saat seri berikutnya di Mandalika. Dia terpuruk hingga hanya bisa finis di peringkat ke-12. Setelah itu, performanya semakin menurun termasuk hanya mencetak dua poin dari tujuh balapan terakhir.

Pol mengungkap, sejak di Mandalika, tim pabrikannya itu mengubah sejumlah komponen di motornya. Dari sanalah dia kebingungan untuk menyesuaikannya lagi hingga saat ini.

“Saya berharap banyak dari musim ini, khususnya setelah di pra-musim dan karena hasil di Qatar. Saya tidak jatuh di pramusim, saya termasuk yang tercepat di semua trek. Kemudian masalah dimulai. Di Mandalika, mereka mengganti bak mesin, lalu saya kaget, saya bertanya pada diri sendiri 'ada apa di sini?', saya tidak mengerti apa-apa,” ucap pembalap 31 tahun itu dikutip laman PaddockGP, Sabtu (17/9/2022).

Selain masalah internal itu, persaingan dari eksternal yang semakin ketat juga ikut memengaruhinya. Itu lah yang membuat Pol menganggap situasi musim ini sangat berbeda dari masalah Honda di masa lalu.

“Honda telah banyak menderita di masa lalu, tetapi tahun ini telah menjadi sesuatu yang luar biasa. Banyak pebalap muda telah tiba dan ada lebih banyak pembalap Ducati di grid, dan itu semakin memperumit situasi. Sulit untuk lolos di depan balapan yang bagus. Selain itu, motornya tidak berjalan dengan baik dan kami tidak memiliki suku cadang baru untuk memperbaiki situasi,” katanya.

Pol Espargaro kini berada di peringkat ke-17 dengan 42 poin di klasemen kejuaraan. Parahnya, dia masih tertinggal dari rekan setimnya Marc Marquez yang sempat absen sejak akhir Mei.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra