Pola Hidup untuk Mencegah Stroke

MNC Portal
Rabu 03 Agustus 2022 15:55 WIB
Pola Hidup untuk Mencegah Stroke
Pola hidup untuk mencegah stroke. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Kesehatan merupakan pilar penting untuk tetap dijaga, sebab tanpa tubuh yang sehat kita tidak akan bisa menjalankan segala aktivitas dengan lancar. Jika tidak dijaga maka metabolisme tubuh bisa berantakan dan peredaran darah tidak lancar sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengintai diantaranya ialah stroke.

Cara utama mencegah stroke adalah menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, kenali dan hindari faktor risiko yang ada serta ikuti anjuran dokter. Berbagai tindakan pencegahan stroke, antara lain:

Menjaga pola makan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan berlemak dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah dan risiko hipertensi yang memicu terjadinya stroke. Hindari konsumsi garam yang berlebihan.

Selanjutnya, makanan yang disarankan adalah makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh, protein, vitamin, dan serat. Seluruh nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayur, buah, biji-bijian utuh, dan daging rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit.

Rutin berolahraga

Olahraga secara teratur dapat membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih efisien. Olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan serta tekanan darah pada tingkat yang sehat.

Berhenti merokok

Perokok berisiko dua kali lipat lebih tinggi terkena stroke. Sebab rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat darah mudah menggumpal. Tidak merokok berarti turut mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru-paru dan jantung.

Hindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman keras mengandung kalori tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, seseorang rentan terhadap berbagai penyakit pemicu stroke, seperti diabetes dan hipertensi. Konsumsi minuman beralkohol berlebihan juga dapat membuat detak jantung menjadi tidak teratur.

Hindari penggunaan NAPZA

Beberapa jenis Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif (NAPZA) dapat menyebabkan penyempitan arteri dan mengurangi aliran darah.

Head of Merchandiser eMSHOP, Khilqa Putri menyarankan agar masyarakat tetap memperhatikan kesehatan agar terhindar dari stroke. Cara yang dapat dilakukan seperti menjaga berat badan ideal dan tekanan darah normal, sebab hipertensi dapat memicu stroke.

"Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghindari stroke adalah menjaga berat badan ideal dan memastikan tekanan darah normal," ucap Khilqa.

Khilqa juga memberikan solusi dalam pencegahan serangan stroke sedini mungkin dengan memakai Al-Attar Health Necklace dan Jetz Scalar Energy.

 

1
/
2