Polisi Siapkan SIM C1, Berlaku untuk Motor Bertenaga Besar

Icon CameraPuteranegara Batubara
Kamis 26 Januari 2023 13:54 WIB
Polisi Siapkan SIM C1, Berlaku untuk Motor Bertenaga Besar
Polisi siapkan SIM C terbaru, diperuntukkan untuk motor bertenaga besar. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, celebrities.id - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan melakukan pengadaan 132 motor dengan kecepatan atau CC 250 sampai 500 untuk kebutuhan pembuatan SIM C1. 

Diketahui, pada tahun ini, Korlantas membagi Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk sepeda motor menjadi tiga golongan yakni SIM C, SIM CI, dan SIM CII. Penggolongan SIM dilakukan untuk mengatur pengguna kendaraan berkecepatan tinggi yang biasa dikenal motor gede atau moge.

"Jadi saat ini program kami ada C1, kemarin pengadaan 132 unit motor untuk uji praktik SIM C1. Distribusi kemana saja? Seluruh Polda se-Indonesia, bukan ke Polres dulu," kata Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dir Regident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2023).

Dalam kebijakan pembuatan SIM C tiga jenis tersebut, kata Yusri, akan diprioritaskan ke Satpas yang memiliki Prototipe atau menjadi role model percontohan. 

"Kenapa, karena di situ lengkap semuanya alatnya, uji praktik, uji teori, dan sesuai dengan persyaratan pengambilan SIM, di situ lengkap," ujar Yusri.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2