Polri Tetapkan 6 Tersangka yang Bertanggung Jawab atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Ini Daftarnya

Icon CameraAvirista Midaada
Kamis 06 Oktober 2022 23:25 WIB
Polri Tetapkan 6 Tersangka yang Bertanggung Jawab atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Ini Daftarnya
Polri Tetapkan 6 Tersangka yang Bertanggung Jawab atas Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Ini Daftarnya. (Foto:celebrities.id/Instagram @aremafcofficial)

MALANG, celebrities.id - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengumumkan enam orang tersangka Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang. Keenamnya memiliki peran utama di pertandingan Arema FC melawan Persebaya Surabaya yang menyebabkan 125 orang meninggal dunia.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit menuturkan salah satu dari enam tersangka ini yakni Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ahmad Hadian Lukita.

"Saudara Ir. AHL selaku Dirut PT LIB, Dimana sudah saya sampaikan yang bertanggungjawab setiap stadion memiliki layak fungsi," ucap Listyo Sigit, saat konferensi pers di Mapolresta Malang Kota, pada Kamis malam (6/10/2022)

Lukita dianggap bertanggung jawab penuh karena Stadion Kanjuruhan Malang, belum memiliki layak fungsi sesuai hasil verifikasi PT LIB.

"Saat menunjuk LIB fungsinya belum tercukupi dan menggunakan hasil verifikasi 2020. Ditemukan bahwa PT LIB selaku penyelenggara tidak melakukan verifikasi terhadap Kanjuruhan, verifikasi terakhir di 2020. Dan ada beberapa catatan khususnya masalah keselamatan bagi penonton," kata Jenderal Listyo Sigit.

"Di 2022 tidak dikeluarkan verifikasi dan membenarkan hasil yang dikeluarkan 2020 dan belum ada perbaikan terhadap catatan hasil verifikasi," tuturnya.

Jenderal Listyo Sigit mengatakan orang kedua yang bertanggung jawab atas kasus tersebut adalah Abdul Harris selaku Ketua Panitia Pelaksana pertandingan. Abdul Harris dijerat pasal 359 dan dan 360 KUHP. Dan juga Pasal 103 Juncto Pasal 52 UU Nomor 11 tahun 2022 Tentang Keolahragaan.

"Dimana pelaksana dan koordinator penyelenggara pertandingan yang bertanggung jawab pada LIB di situ disebutkan pada pasal 3, panpel bertanggung jawab sepenuhnya terhadap kejadian," ujarnya.

Ketiga Suko Sutrisno selaku security officer, dikenakan pasal yang sama dengan Abdul Harris. Dia dianggap tidak membuat dokumen penilaian risiko, bertanggung jawab untuk dokumen penilaian risiko untuk semua pertandingan.

 

1
/
2