Porsche Usung Teknologi Digital Twin, Fitur Tercanggih untuk Servis Mobil? 

Bertold Ananda
Senin 08 November 2021 14:47 WIB
Porsche Usung Teknologi Digital Twin, Fitur Tercanggih untuk Servis Mobil? 
Porsche kembangkan teknologi Digital Twin. (Foto: celebrities.id/hindustantimes)

JAKARTA, celebrities.id - Pabrikan supercar Porsche sedang mengembangkan proyek ambisius. Produsen mobil asal Jerman itu menciptakan replika virtual dari mobil asli dengan menggunakan algoritma yang berbeda. 

Dengan inovasi tersebut, supercar Porsche dapat mendeteksi dan memprediksi kapan sebuah mobil perlu diservis. Teknologi yang masih tahap pengembangan ini disebut Digital Twin.

Dilansir Hindustan Times, Senin (8/11/2021), Digital Twin diklaim memiliki kombinasi algoritma, data sensor dan data besar untuk merekomendasikan layanan berdasarkan gaya mengemudi pengemudi.

Sistem ini dilengkapi opsi layanan yang diperlukan untuk masalah suspensi atau mesin tergantung pada pola mengemudi yang berbeda, atau aspek lain dari perilaku mengemudi. 

Fitur ini juga berguna untuk membantu mekanik tentang masalah yang dialami sistem mobil. Teknologi ini dapat menyelamatkan pemilik kendaraan dari anggaran pengeluaran yang membengkak terkait  kerusakan mobil.

Sistem Digital Twin membuat  pemilik mobil akan memiliki catatan digital dari riwayat layanan masalah kendaraan. Namun, sampai saat ini, pihak perusahaan belum mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang teknologi Digital Twin.

Editor : Dhita Seftiawan