PPKM Dihapus, Apakah Bebas dari Penggunaan Masker? 

Icon CameraKevi Laras
Rabu 25 Januari 2023 22:09 WIB
PPKM Dihapus, Apakah Bebas dari Penggunaan Masker? 
PPKM Dihapus apakah bebas dari penggunaan masker seutuhnya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Meski pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Indonesia resmi diberlakukan, menurut Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Erlina Burhan, penggunaan masker harus tetap digunakan, sekalipun itu di dalam ruangan.

"Meskipun PPKM dicabut artinya aktivitas ekonomi dan mobilisasi tetap berjalan, kalau ada keramaian tetap dianjurkan menggunakan masker. Dengan PPKM dicabut penggunaan masker dalam ruangan tertutup tidak ada ventilasi, sebaiknya tetap dipakai," kata dr Erlina dalam Media Briefing secara online bersama IDI, Rabu (25/1/2023).

"Tetapi kalau di dalam ruangan ventilasinya bagus dan orangnya tidak banyak, saya rasa kita sudah bisa tidak menggunakan masker," katanya. 
 
Sehubungan dengan ini Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril mengatakan PPKM dicabut karena juga alasan antibodi (sistem kekebalan tubuh) masyarakat sudah tinggi. 

Hal ini dibuktikan dari hasil Sero Survei yang pernah dilakukan Kemenkes beberapa waktu lalu. Menurutnya, masyarakat sudah mendapatkan antibodi dari vaksinasi Covid-19. 

"Membanggakan adalah antibodi kita melalui Sero survei sudah 98,5 persen. Kita sudah mempunyai kekebalan yang baik. Sudah melalui infeksi maupun yang vaksinasi," kata dr Syahril, beberapa waktu lalu.

Editor : Imantoko Kurniadi

Follow Berita Celebrities di Google News