Presiden Jokowi Perintahkan Menkes Turunkan Angka Stunting, Begini Strategi Budi Gunadi Sadikin

Siska Permata Sari
Selasa 11 Januari 2022 13:36 WIB
Presiden Jokowi Perintahkan Menkes Turunkan Angka Stunting, Begini Strategi Budi Gunadi Sadikin
Presiden Jokowi perintahkan Menteri Kesehatan agar menurunkan angka stunting di Indonesia. (Foto: Nursingschool)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan pemerintah menargetkan menekan angka stunting menjadi 14 persen di 2024. Target penurunan angka stunting tersebut merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Tadi Bapak Presiden memberikan target yang jelas, yaitu menurunkan angka stuntingnya kita yang per tahun 2021 ada di angka 24,4 persen, beliau harapkan bisa di angka 14 persen di tahun 2024,” kata Menkes Budi Gunadi, Selasa (11/1/2022).

Dengan target tersebut, dia mengatakan bahwa angka stunting di Indonesia harus diturunkan hingga 2,7 persen per tahun. Untuk mewujudkan penurunan stunting tersebut, pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan sejumlah upaya intervensi.

“Untuk menurunkannya, memang ada dua intervensi yang bisa kita lakukan. Pertama, intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif,” ujarnya.

Kemenkes, kata Budi Gunadi Sadikin, akan mengupayakan intervensi gizi spesifik yang mencakup di waktu sebelum dan setelah bayi lahir, dari memastikan remaja putri dan ibu hamil mengonsumsi tablet tambah darah (TTD), hingga memastikan bayi dan balita di Indonesia mendapatkan gizi cukup di 1000 hari pertama kehidupan.

“Kita juga intervensi untuk meningkatkan jumlah konsultasi ibu hamil dari 4 kali menjadi 6 kali, dan itu harus dengan dokter. Jadi kalau ada perkembangan kurang bagus dari kehamilan, dokter tahu dan akan melakukan intervensi medis. Kemudian yang kita lakukan adalah, kita akan melengkapkan alat USG di seluruh Puskesmas. Sekarang baru 2.000 Puskesmas yang punya USG,” ujarnya.

 

1
/
2