10 Prinsip Seni Rupa dan Penjelasan Lengkap

Iqbal Widiarko
Jumat 05 Agustus 2022 11:56 WIB
10 Prinsip Seni Rupa dan Penjelasan Lengkap
Prinsip seni rupa merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan secara baik oleh seorang perupa. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Prinsip seni rupa merupakan elemen penting yang perlu diperhatikan secara baik oleh seorang perupa. Untuk membentuk komposisi dalam sebuah karya, maka diperlukan prinsip dasar agar karya yang dihasilkan bernilai seni tinggi. 

Pada karya seni rupa, salah satu prinsip yang perlu dipahami adalah keseimbangan. Prinsip keseimbangan dimaknai sebagai suatu kondisi yang menerangkan bahwa setiap bagian atau unsur yang membentuk sebuah karya tidak ada yang saling membebani dan mendominasi. Keseimbangan pada karya seni rupa tidak dapat diukur namun dapat dirasakan.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Jumat (5/8/2022) telah merangkum prinsip seni rupa, sebagai berikut.

Prinsip Seni Rupa

Inilah beberapa prinsip yang bisa kamu simak dalam mempelajari seni rupa, seperti dikutip dari Modul Praktikum Seni Rupa UIN Raden Fatah.

1. Prinsip Keselarasan

Prinsip yang pertama adalah keselarasan atau harmonisasi yakni kaitan kedekatan unsur-unsur yang berbeda baik bentuk, pencahayaan dan warna dalam menciptakan sebuah keindahan.

2. Prinsip Penekanan (Kontras)

Penekanan merupakan kesan yang diperoleh karena adanya dua unsur yang berlawanan. Perbedaan yang mencolok pada warna, bentuk dan ukuran akan memberikan kesan yang tidak monoton.

3. Prinsip Irama

Irama (rhythm) merupakan prinsip yang mendasari pengulangan satu atau lebih unsur secara teratur. Pengulangan unsur-unsur seni rupa yang diatur dapat berupa garis, bentuk atau variasi warna. Pengulangan yang dilakukan secara bervariasi akan menghasilkan irama harmonis yang dapat meningkatkan nilai estetika karya seni.

4. Prinsip Gradasi

Gradasi merupakan susunan warna yang didasari pada tingkatan tertentu pada sebuah karya seni. Gradasi paling sering diterapkan dalam pembuatan mozaik, karikatur, lukisan dan karya seni rupa lainnya. Gradasi dapat membuat sebuah karya menjadi lebih hidup dan menarik.

5. Prinsip Proporsi

Proporsi atau kesebandingan merupakan proses membandingkan bagian-bagian satu dengan bagian lainnya secara keseluruhan. Semisal membandingkan ukuran tubuh dengan kepala, ukuran objek dengan ukuran latar dan kesesuaian ukuran objek satu dengan objek lainnya yang dekat maupun yang jauh letaknya.

 

1
/
2