Profil Arawinda Kirana, Aktris Muda Bertalenta yang Sukses Berperan di Film Yuni

Litbang MPI
Kamis 07 Juli 2022 20:33 WIB
Profil Arawinda Kirana, Aktris Muda Bertalenta yang Sukses Berperan di Film Yuni
Profil Arawinda Kirana, Aktris Muda Bertalenta yang Sukses Berperan di Film Yuni. (Foto: celebrities.id/Instagram @arawindak)

JAKARTA, celebrities.id - Nama Sri Arawinda Kirana Rustadi atau Arawinda, belakangan tengah ramai menjadi perbincangan publik. Namanya menjadi trending topic di Twitter sejak 6 Juli 2022. Arawinda dikenal sebagai aktris muda bertalenta yang lantang menyuarakan women support women dan merupakan seorang aktivis.

Perempuan kelahiran Jakarta, 27 September 2001 itu mengenyam pendidikan di Sekolah Perkumpulan Mandiri dan lulus tahun 2019. Dia mengikuti Screenwriting Summer Course di Amerika Serikat selama empat bulan. Dunia seni bukanlah hal baru bagi Arawinda, sebab sejak kecil, dia sudah akrab dengan teater dan tari.

Kariernya di dunia perfilman terlihat ketika dia mendapat porsi di film Galih dan Ratna pada 2017. Nama Arawinda semakin meroket ketika membintangi drama musikal bertajuk Nurbaya, produksi Indonesia Kaya pada 2021. Jejak karier Arawinda kembali terlihat ketika dirinya menjadi pemeran utama film Yuni. Tak hanya mendapat sambutan hangat di Tanah Air, film ini juga maju mewakili Indonesia dalam ajang Piala Oscar 2022.

Film ini berkisah tentang Yuni, seorang remaja pemberani dan cerdas yang sangat ingin meraih mimpinya. Sayangnya, perjalanan Yuni menemukan banyak rintangan. Salah satunya ketika ia dilamar oleh seorang laki-laki yang bahkan tak ia kenal. Lamaran itu datang dari dua laki-laki, dan ditolak Yuni. Keputusannya itu menjadi perbincangan banyak orang di kampungnya.

Apalagi, beredar mitos yang mengatakan jika seorang perempuan menolak lamaran pria sebanyak dua kali, maka dia akan melajang seumur hidup. Kehidupan Yuni semakin pelik, ketika guru yang amat diidolakan dan menjadi panutan, Pak Damar, juga melamar dirinya. Padahal, selama ini Damar adalah sosok yang selalu mendukung apa pun langkah dan keinginan Yuni.

Selain Damar, ada pula adik kelasnya yang bernama Yoga, yang kerap memberikan Yuni suntikan semangat dan dukungan. Dalam film ini, Yuni membawa dan mengajak penonton untuk menetapkan langkah dan meraih kebebasannya sendiri. Sebagai pemeran utama, Arawinda dinilai apik dalam memerankan sosok Yuni.

Dia bahkan pernah meraih beberapa penghargaan bergengsi, seperti Piala Citra 2021 untuk pemeran utama perempuan terbaik, Piala Tuti Indra Malon 2021 sebagai aktris pendatang baru terpilih, dan Piala Maya 2022 untuk aktris utama terpilih.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra