Profil Dorce Gamalama, Artis Bernama Asli Dedi Yuliardi yang Terbaring Lemah di Rumah Sakit

Ayuningtyas Notomihardjo
Sabtu 09 Oktober 2021 07:48 WIB
Profil Dorce Gamalama, Artis Bernama Asli Dedi Yuliardi yang Terbaring Lemah di Rumah Sakit
Dorce Gamalama memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi. Dia menjadi presenter terkenal sejak 1989 dan saat ini terbaring di rumah sakit. (Foto: celebrities.id/ Instagram).

JAKARTA, celebrities.id - Dorce Gamalama mendapat perhatian publik setelah mengalami hilang kesadaran dan dilarikan ke rumah sakit.  

Dorce Gamalama diketahui memiliki nama asli Dedi Yuliardi Ashadi. Dia menjadi presenter terkenal sejak 1989.

Dedi atau Dorce yang akrab disapa Bunda Dorce ini diketahui lahir di Solok, Binjai, Sumatera Barat pada, 21 Juli 1963. 

Selain populer sebagai pembawa acara dan menjadi komedian, dia juga memiliki bakat lain. Dorce Gamalama fasih membawakan lagu dalam berbagai bahasa asing, seperti Inggris, China, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, dan India.

Meskipun begitu, Dorce merasa lebih nyaman jika disebut sebagai penghibur, dan bukan penyanyi. Dengan begitu, Dorce yang kini menjajaki usia 58 tahun, semakin melambung di dunia entertainment sebagai seorang komedian.

Di dunia tarik suara, Bunda Dorce kerap menyanyi bersama kelompok Bambang Brothers. Saat memasuki Sekolah Menengah Pertama (SMP), dia semakin tidak tertarik pada pelajaran sekolah. Dorce Gamalama lebih memusatkan perhatian pada bidang menyanyi.

Seiring waktu, Dorce juga mulai menyadari kecenderungannya untuk tertarik pada wanita. Hal ini dia manfaatkan untuk membuat penampilannya berbeda di panggung. 

Saat beraksi menjadi komedian, dia berpura-pura menjadi wanita. Ketika itulah Dorce mendapatkan nama panggilan dari Myrna, pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, yaitu Dorce Ashadi. 

Hingga akhirnya Dedi Yuliardi memutuskan untuk mengubah jenis kelamin di Surabaya dan memiliki nama menjadi Dorce Gamalama. Gamalama sendiri adalah nama gunung di kawasan Ternate, Kepulauan Maluku. 

Dorce Gamalama terus menjadi perhatian, termasuk saat dia memutuskan untuk ibadah haji dan menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Sebelumnya, Dorce sempat beberapa kali berganti nama panggung. Dorce pernah menggunakan nama Dorce Ashadi, Dorce Urang Aring, Dorce Manice, Dorce Elkapeer, hingga akhirnya dia mantap menggunakan nama Dorce Gamalama.

Editor : Tedy Ahmad