Pulau Bawean Siap Mendunia, Ditetapkan Jadi Kampung Bahasa di Jawa Timur

Ashadi
Kamis 04 Agustus 2022 14:53 WIB
Pulau Bawean Siap Mendunia, Ditetapkan Jadi Kampung Bahasa di Jawa Timur
Pulau Bawean siap mendunia, ditetapkan sebagai kampung bahasa di Jawa Timur. (Foto: Ashadi/MNC)

GRESIK, celebrities.id - Potensi Pulau Bawean di Gresik, Jawa Timur memang luar biasa. Tidak hanya memiliki potensi wisata, pemerintah kabupaten memproyeksikan menjadi rintisan pulau bahasa dan vokasi. 

Melalui Dinas Pendidikan mulai Oktober 2022 nanti beberapa kelompok siswa dari Gresik akan mulai melakukan pembelajaran di pulau berjarak 81 mil tersebut. Konsepnya, Bawean bakal menjadi pulau pendidikan yaitu, kampung bahasa.

Kepala Dinas Pendidikan Gresik S Hariyanto mengatakan, secara bertahap konsep yang sudah disusun bersama tokoh masyarakat Bawean. Ada tiga hasil yang akan dicapai.

“Diantaranya kampung bahasa, pelatihan vokasi, dan pelatihan keterampilan dan kepemimpinan. Untuk Pulau Bahasa akan dipusatkan di Desa Sukaoneng, Kecamatan Tambak Pulau Bawean. Tepatnya di MTs Mambaul Falah, Tambilung,” ucapnya, Kamis (4/8/2022).

Dijelaskan, nanti penerapannya, beberapa siswa setelah Ujian Tengah Semester (UTS) sekitar bulan Oktober akan datang ke kampung bahasa. Di sana para siswa fokus dalam pembelajaran bahasa internasional. Bahasa Inggris dan Arab. Mereka bakal tinggal selama dua sampai tiga minggu.

Selain itu, kata Hariyanto, di kampung bahasa sendiri juga dilengkapi tempat pembelajaran klasik khas Pulau Bawean, yakni dhurung atau gazebo. Para siswa nantinya juga bisa mengenal aneka keragamanan tempat klasik khas Pulau Bawean.

 

1
/
2