Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Akhir Pekan, Begini Saran Menko PMK

Iqbal Dwi Purnama
Jumat 06 Mei 2022 03:15 WIB
Puncak Arus Balik Diprediksi Terjadi Akhir Pekan, Begini Saran Menko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy prediksi puncak arus balik di akhir pekan. (Foto: celebrities.id/Iqbal Dwi Purnama)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengimbau kepada para pemudik yang hendak kembali ke Jakarta tidak melakukan perjalanan di akhir pekan.

Sebab, menurutnya pada hari-hari tersebut tersebut kemungkinan akan terjadi lonjakan penumpang yang akan mendatangi pelabuhan Merak, Cilegon, Banten.

"Arus balik kita harapkan malam ini, tapi sementara ini masih landai karena kalau puncak arus baliknya menjelang terakhir, itu akan sangat merepotkan," ujar Muhadjir dalam konferensi persnya di Pelabuhan Merak, Kamis (5/5/2022).

Oleh karena itu, Muhadjir memohon kepada para pemudik untuk bisa melakukan perjalanan di hari yang berbeda dan menghindari akhir pekan supaya tidak terjadi pergerakan arus balik dihari yang sama.

"Saya menghimbau kepada mereka yang akan balik, untuk supaya secepatnya balik, jangan menunggu puncaknya, karena kalau puncaknya nanti bisa sangat padat yang akan mengganggu kelancaran kegiatan pengelolaan arus balik," tutur Menko PMK.

Meski demikian pihaknya saat ini telah menyiapkan dua pelabuhan tambahan untuk mengurangi peningkatan volume penumpang diperkuat akan lebih banyak pada puncak arus balik mudik.

Menko PMK menjelaskan dua pelabuhan tambahan tersebut adalah pelabuhan Ciwandan dan pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ). Sehingga masyarakat yang hendak kembali ke Jakarta, tidak hanya dapat turun di pelabuhan merak, namun di distribusikan ke dua pelabuhan tambahan tersebut.

"Insyaallah semuanya siap, termasuk untuk mengantisipasi digunakannya tambahan, di Ciwandan dan juga di BBJ," katanya.

Editor : Hadits Abdillah