Puncak Mudik Diprediksi H-2, Pengelola Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Posko Angkutan Lebaran

Hasnugraha
Senin 25 April 2022 14:38 WIB
Puncak Mudik Diprediksi H-2, Pengelola Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Posko Angkutan Lebaran
Suasana Bandara Soekarno Hatta H-7 Idul Fitri. (Foto: MNC Media)

BANTEN, celebrities.id - Guna menunjang angkutan lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, Angkasa Pura II (APII) selaku pengelola bandara mendirikan tiga posko mudik di setiap terminal bersama stakeholder terkait. Hal ini untuk membantu kelancaran mudik dan agar penumpang merasa aman dan nyaman.

Posko mudik sendiri sudah didirikan sejak 22 April. Posko mencatat pergerakan penumpang sempat mengalami peningkatan, akan tetapi pada hari ini, Senin (25/4/2022) jumlah penumpang menurun. Adapun puncak arus mudik di bandara Soekarno Hatta diprediksi terjadi pada H-2 jelang lebaran.

Muhamad Awaludin, Direktur Utama APII menjelaskan, pengelola bandara telah mengaktifkan posko mudik sejak 22 april hingga 10 Mei 2022. Posko di aktifkan lebih awal untuk mengantisipasi pergerakan penumpang pada tahun ini.

Meski demikian, suasana terminal 1A sejak pagi pada H-7 Hari Raya Idul Fitri 1442 hihrian, sudah terlihat ramai oleh para pemudik. Para penumpang yang menggunakan transportasi udara memilih kembali ke kampung halaman lebih awal untuk menghindari tingginya harga tiket serta kepadatan penumpang jika berangkat mendekati hari lebaran.

"Mengingat sudah dua tahun ada larangan karna pandemi, di bandara Soekarno Hatta pada tanggal 22 april penumpang tembus diangka 110 ribu penumpang," kata Awaludin.

Pada hari ini, tercata harga tiket sudah mulai merangkak naik dari biasanya. Kenaikan kisaran antara 40 hingga 50 persen, bahkan semakin mendekati lebaran harga tiket semakin mahal.

Menurut Siti Aisyah, pemudik tujuan padang, mengatakan sudah boleh mudik oleh Pemerintah  apalagi sudah libur bekerja. 

"Mudik lebih awal karena menghindari penumpukan penumpang dan kenaikan harga tiket. Bahkan, seminggu jelang lebaran harga tiket sudah naik dua kali lipat," ujar Siti Aisyah, Senin (25/4/2022).

Editor : Lisvi Padlilah