Racikan Rumput Teki Usir Rasa Nyeri di Tubuh

Ali Masduki
Sabtu 29 Mei 2021 18:43 WIB
Mihantu alias Minuman Herbal Anti Nyeri Tubuh racikan mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. (Foto: MPI/Ali)

SURABAYA,  celebrities.id - Rumput teki (Cyperus Rotundus) kerap dianggap gulma atau benalu bagi tanaman lainnya. Ternyata di balik tampilan tanaman yang tumbuh invasif ini ada manfaat bagi tubuh manusia.

Rumput rimpang yang berasal dari Afrika, Eropa Selatan dan Tengah, dan Asia Selatan ini punya akar berserat yang biasanya tumbuh setinggi 7-40 cm. Kandungan kimiawi flavonoid pada tanaman ini menjadikannya obat yang efektif untuk mengurangi rasa nyeri di sekujur tubuh.

Mahasiswa asal Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) pun telah meneliti dan meracik minuman herbal dari rumput teki yang berkhasiat. Racikan mahasiswa Program studi (Prodi) D3 Keperawatan yang terdiri dari Mei Rista Eka Wardani, Weny Mayrani dan Faisol ini dilabeli Mihantu (Minuman Herbal Anti Nyeri Tubuh).

"Jadi minuman ini dari bahan herbal yang mudah didapat dan bisa dikonsumsi semua usia, efeknya bisa menghangatkan tubuh serta menyehatkan," ucap Rista, Sabtu (29/5/2021).

Selain rimpang rumput teki, Rista dan kawan-kawannya mencampurkannya dengan herba berkhasiat lainnya seperti temulawak dan biji pala. Agar dapat dikonsumsi semua umur dan menambah kenikmatan herbal, gula batu pun ditambahkan sebagai pemanis.

 

1
/
2