Ratusan Jemaah Umrah Terbang dari BIJB Kertajati Majalengka, Titik Awal Kebangkitan Bandara

Icon CameraInin Nastain
Minggu 20 November 2022 18:54 WIB
Ratusan Jemaah Umrah Terbang dari BIJB Kertajati Majalengka, Titik Awal Kebangkitan Bandara
Jemaah umrah berangkat dari BIJB Kertajati Majalengka. (Foto: celebrities.id/Ini Nastain)

MAJALENGKA, celebrities.id - Setelah sempat gagal, akhirnya ratusan jemaah umrah bisa diberangkatkan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Minggu (20/11/2022). Para calon jamaah umrah yang berasal dari berbagai daerah itu terbang menggunakan maskapai Garuda.

Direktur operasi PT Garuda Indonesia Persero Capt. Tumpel M. Hutapea mengatakan, dalam penerbangan umrah pertama paska pandemi Covid 19 itu, ada 224 jemaah yang berangkat umrah dari Bandara itu.

"224 jemaah hari ini. Sebagian dari Jakarta, 45 dari Jawa Barat," kata Tumpel.

Dia berharap, penerbangan umrah itu menjadi awal dari menggeliatnya aktivitas penerbangan dari BIJB itu. Pihak Garuda sendiri sudah melakukan sejumlah persiapan sejak jauh-jauh hari.

"Persiapan sudah kita lakukan beberapa waktu lalu. Mudah-mudahan ini adalah awal yang baik untuk jemaah dari Jawa Barat khususnya, langsung ke Tanah Suci melalui Bandara Kertajati," kata dia.

"Mudah-mudahan kami tetap komitmen, tetap melayani masyarakat Indonesia dalam penerbangan menuju Tanah Suci, karena kita adalah salah satu dari Airlines yang menjalankan penerbangan ke Tanah Suci dengan penerbangan langsung tidak melalui persinggahan," kata dia.

Disinggung terkait rencana pemberangkatan selanjutnya dari BIJB, Ā Tumpel menyebutkan tergantung dari pihak agen. Secara prinsip, Garuda siap melayani penerbangan tersebut.

"Belum ada (jadwal penerbangan selanjutnya), dari agen yang meminta. Kami membuat penerbangan ini, kalau agen tidak meminta bagaimana? Nggak ada isinya kan? Tergantung permintaan dari para agen. Secara prinsip kami siap," ujar dia.

Sementara itu, sesuai rencana, 224 jamaah umrah itu, nantinya akan kembali ke Tanah Air lewat Bandara serupa. Namun, tidak menutup kemungkinan, akan ada perubahan rencana.

"Sampai saat ini, rencananya tetap balik ke sini (BIJB)," kata Tumpel.

Pantauan di Bandara, sejumlah calon jamaah haji terlihat menggunakan kursi roda, dengan dibantu oleh petugas. Mereka secara tertib berjalan menuju pesawat yang sudah bersiap di landasan.

Editor : Hadits Abdillah