Ratusan Korban PHK Ruangguru Akui Kapok Masuk Industri Startup, Ini Alasannya

Icon CameraDinar Fitra Maghiszha
Rabu 23 November 2022 17:09 WIB
Ratusan Korban PHK Ruangguru Akui Kapok Masuk Industri Startup, Ini Alasannya
Ratusan korban PHK Ruangguru akui kapok masuk industri startup. (Foto: celebrities.id/Doc. Ruangguru)

JAKARTA, celebrities.id - Ratusan karyawan Ruangguru yang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) mulai sibuk mencari pekerjaan baru.

Beberapa di antaranya mengaku kapok bekerja di startup. Alasannya karena dinilai masih belum stabil dalam menghadapi tantangan ekonomi.

"Udah kapok saya (di startup)," kata Seorang bekas pekerja Ruangguru, yang tidak disebutkan namanya, Rabu (23/11/2022).

Perempuan yang bekerja sebagai desain grafis lebih dari tiga tahun itu menyebut prestasi dan loyalitas tidak menjamin keberlangsungan kariernya di bekas perusahaannya. 

Secara spesifik, dia menyebut Ruangguru masih kesulitan dalam memprediksi perkembangan pasar, sehingga berdampak terhadap kondisi internal, termasuk tenaga kerja.

"Ruangguru terlalu ngejar growth, juga terlalu ngandelin investor, nanti kalau penjualan ga bagus, bingung balikin duitnya," katanya.

Pernyataan tersebut sebelumnya juga disinggung oleh sejumlah analis, yang memprediksi tren PHK di lingkungan perusahaan teknologi masih akan berlanjut.

Tekanan makro yang cukup berat paska pandemi dipandang masih akan membebani pendanaan, seperti lonjakan inflasi, tren suku bunga, pelemahan daya beli, hingga risiko geopolitik.

"Banyak investor menjauhi perusahaan dengan valuasi tinggi tetapi secara profitabilitas rendah, atau model bisnisnya tidak sustain (berkelanjutan)," kata Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, pada Selasa (22/11/2022).

 

1
/
2