Razlan Razali Ungkap RNF Hampir Jadi Tim Satelit Suzuki, Begini Ceritanya

Rio Eristiawan
Sabtu 13 Agustus 2022 17:48 WIB
Razlan Razali Ungkap RNF Hampir Jadi Tim Satelit Suzuki, Begini Ceritanya
Razlan Razali Ungkap RNF Hampir Jadi Tim Satelit Suzuki, Begini Ceritanya. (Foto:celebrities.id/Instagram @rnfracingofficial)

KUALA LUMPUR, celebrities.id - Bos RNF, Razlan Razali mengaku sebelum resmi bergabung dengan Aprilia Racing, timnya hampir menjadi tim satelit Suzuki. Namun, pria asal Malaysia itu mengatakan kesepakatan tidak terjadi akibat Davide Brivio memutuskan untuk hengkang menuju Formula 1 (F1).

Sebagaimana diketahui, RNF tidak akan menjadi bagian dari Yamaha sebagai tim satelit usai kontraknya habis. Tim asal Malaysia itu resmi bergabung dengan Aprilia Racing untuk tampil di MotoGP 2023. Namun sebelum bergabung dengan pabrikan asal Noela, Italia itu RNF sempat melakukan pembicaraan dengan Suzuki.

Sayangnya Razali menggatakan kepergian Brivio untuk berkarir di F1 membuat timnya batal bergabung dengan pabrikan asal Hamamatsu.

"Ya, kami memiliki opsi itu selama masa Davide (Brivio yang pergi setelah MotoGP 2020)," kata Razali dilansir dari Motor Cyclesports, Sabtu (13/8/2022).

Razali mengatakan kontrak RNF dengan Yamaha akan berakhir pada akhir musim MotoGP 2021 dan masih belum ada kejelasan untuk melakukan perpanjangan kontrak. Hal tersebut membuatnya melakukan pembicaraan dengan pabrikan lain untuk melihat peluang kerjasama dan Suzuki adalah tim pertama yang melakukan pembicaraan.

"(Dan juga) ketika kontrak kami dengan Yamaha dijadwalkan berakhir pada 2021. Saat itu, tidak jelas apakah kami akan melanjutkan dengan Yamaha jadi kami tidak punya pilihan selain berbicara dengan pabrikan lain dan tentu saja Suzuki adalah yang pertama, dengan karakteristik (mesin) yang sama dengan motor Yamaha," ucapnya.

Lebih lanjut, Razali mengatakan timnya tidak bisa mengambil keputusan tanpa adanya Brivio di Suzuki. Hal tersebut membuat RNF melakukan pembicaraan dengan tim lainnya, sebelum sepakat untuk menjadi tim satelit Aprilia Racing di MotoGP 2023.

"Kami berbicara dengan mereka tetapi tentu saja pada saat itu, tanpa Davide, tidak ada keputusan yang dapat dibuat. Jadi kami tidak bisa mengandalkan itu. Tapi sekali lagi, kami juga berbicara dengan orang-orang seperti Aprilia, dan bahkan semua orang," tuturnya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra