Rekam Jejak Imunisasi Anak Bisa Diakses lewat Alipikasi PeduliLindungi, Minimalisir Kesulitan Data

Rizky Pradita Ananda
Kamis 12 Mei 2022 14:36 WIB
Rekam Jejak Imunisasi Anak Bisa Diakses lewat Alipikasi PeduliLindungi, Minimalisir Kesulitan Data
Informasi imunisasi anak kini bisa diakses lewat aplikasi PeduliLindungi. (Foto: celebrities.id/Ali Masduki)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Kesehatan RI tengah menggodok program baru transformasi sistem teknologi dan bioteknologi kesehatan di Indonesia.

Program ini bertujuan untuk memajukan sistem kesehatan Indonesia yang lebih kuat, tangguh dan lebih menjangkau melayani semua masyarakat. Salah satunya diwujudkan dengan program digitalisasi vaksinasi atau imunisasi dasar pada anak.

“Kita ulangi suksesnya vaksinasi Covid di Indonesia dengan cara mendaftarkan dan menyimpan data vaksinasi orang-orang secara digital. Data vaksinasi biasanya di kartu, akibatnya kadang hilang atau lupa. Kita lakukan sertifikat dibuat digital, ditaruh di aplikasi PeduliLindungi,” kata Menkes Budi ketika siaran acara Temu Media: Bulan Imunisasi Anak Nasional, Kamis (12/5/2022).

Dengan sistem digitalisasi, Menkes Budi Gunadi menyebut riwayat vaksin atau rekam jejak anak dari bayi hingga dewasa bisa terekam dengan rapi. Sehingga meminimalisir kesulitan kebutuhan data ke depannya.

“Saya pribadi pernah alami kesulitan diminta cek riwayat vaksin, masyarakat akan kesulitan contohnya kalau mau kirim anak sekolah ke luar negeri kalau bukti vaksinnya enggak ada,” ujarnya.

Dengan sistem penyimpanan digital di aplikasi PeduliLindungi, catatan data riwayat vaksin imunisasi anak bisa didapat saat kapanpun dibutuhkan, bahkan hingga puluhan tahun kemudian.

 

1
/
2