Rendang dan Semur Daging Jadi Menu Favorit Jemaah Haji Indonesia, Bumbunya Langsung Didatangkan dari Tanah Air

Widya Michella
Rabu 15 Juni 2022 19:10 WIB
Rendang dan Semur Daging Jadi Menu Favorit Jemaah Haji Indonesia, Bumbunya Langsung Didatangkan dari Tanah Air
Menu rendang dan semur daging jadi salah satu menu yang disukai jemaah haji Indonesia. (Ilustrasi: IG @srendangrakyat)

JAKARTA, celebrities.id - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memastikan jemaah haji asal Indonesia dapat menikmati masakan bercita rasa Indonesia ketika menjalankan ibadah di Tanah Suci. 

Pengawas Katering Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1443H/2022M Daerah Kerja Makkah, Rusna Purnama menyatakan bumbu-bumbu yang dipakai pihak katering berasal dari Indonesia.

“Sebenarnya bumbu-bumbu tersebut sudah ada di sini (Makkah), di sini komplit ada kunyit, laos, salam, sereh dan lainnya, itu semuanya dari Indonesia yang didatangkan eksportir Indonesia ke Arab Saudi,” kata Rusna dalam keterangan resminya, Rabu,(15/06/2022).

Bahkan, sambung Rusna, untuk menjaga cita rasa Nusantara perusahaan katering harus merekrut chef atau juru masak dari Indonesia. Setidaknya ada beberapa chef mulai dari hotel bintang 5 dari Indonesia, restoran dan perusahaan katering Indonesia diperkerjakan di sana.

"Itu jadi salah satu kriteria pemilihan perusahaan katering penyedia konsumsi jemaah,”ujar dia.

Terkait menu, Rusna mengatakan, menu makanan ditentukan oleh PPIH. Menu ditentukan mulai dari hari Senin pagi; siang, dan malam, Selasa; pagi, siang, malam dan seterusnya.

Misalnya, ikan sebanyak 7 kali dengan bumbu yang berbeda-beda. Kemudian ayam, sebanyak 6 kali dalam siklus menu seminggu dan daging diberikan dalam 5 kali yang diolah jadi rendang dan tongseng sapi. 

"Tapi kita olah dengan bumbu yang berbeda-beda agar jemaah tidak bosan. Ada juga tumis buncis, brokoli, terong balado, ikan tuna cabe hijau dan lainnya," ujarnya.

 

1
/
2