Rentan Terinfeksi, Berikut 7 Tips Merawat Miss V yang Baik dan Benar

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Jumat 28 Mei 2021 10:29 WIB
Miss V harus dirawat dengan baik dan benar. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Area kewanitaan atau Miss V merupakan bagian tubuh yang rentang terserang berbagai penyakit. Terlebih ketika dalam situasi menstruasi. 

Hal ini seperti diungkapkan Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti. Sp.OG(K). MPH dalam Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Pada masa menstruasi, tingkat keasaman Miss V menurun akibat keberadaan darah haid. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menerapkan manajemen kebersihan menstruasi dengan membersihkan Miss V secara benar, teliti, dan berkala. Bisa menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH Miss V.

“Selain itu, menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik, serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter,” ujar dr. Dwiana, dalam webinar ‘Sehat dan Bersih Selama Menstruasi dalam Rangka Hari Kebersihan Menstruasi’, Kamis 27 Mei 2021.

 

1
/
2