Resep Docang Cirebon, Makanan yang Konon Dibuat untuk Meracuni Wali Songo

Icon CameraKiki Oktaliani
Senin 15 Mei 2023 19:06 WIB
Resep Docang Cirebon, Makanan yang Konon Dibuat untuk Meracuni Wali Songo
Docang Cirebon adalah makanan khas masyarakat Cirebon yang terdiri dari daun singkong, daun kucai, toge, kerupuk, dan potongan lontong. (Foto: Indonesia Kaya)

JAKARTA, celebrities.id - Docang Cirebon adalah makanan khas masyarakat Cirebon yang terdiri dari daun singkong, daun kucai, toge, kerupuk, dan potongan lontong. Bahan-bahan tersebut kemudian disiram dengan kuah ‘dage’ atau oncom.

Dalam bahasa Cirebon, kata ‘docang’ berasal dari dua kata yaitu do dari kata bodo baceman dage atau oncom dan “cang” dari kacang hijau yang sudah berubah menjadi tauge.

Mengulik sejarah Docang, makanan ini diperkirakan telah ada sejak zaman Wali Songo menyebarkan agama Islam di kawasan Cirebon dan sekitarnya.

Konon katanya, Docang dibuat oleh seorang pangeran bernama Rengganis, yang tak menyukai keberadaan para Wali. Dia sengaja membuat makanan ini untuk meracuni para wali

Saat disajikan, para Wali sangat lahap menyantap makanan itu ketika berkumpul di Masjid Sang Cipta Rasa. Tak diduga, sebuah keajaiban muncul. Bukannya keracunan, para Wali justru ketagihan dengan masakan Pangeran Rengganis. 

Sejak saat itulah, Docang dikenal oleh masyarakat sebagai kuliner khas Cirebon yang penuh misteri.

Docang biasa disantap pada pagi hari untuk sarapan. Harganya sangat terjangkau, sehingga dapat dinikmati oleh semua kalangan. Kebanyakkan para penjual docang ini, adalah generasi penerus dari orang tua mereka.

Tak perlu jauh-jauh ke Cirebon, kamu juga bisa lho mencoba membuat docang rumahan dengan resep dari akun YouTube Novi Nouf, berikut ini:

Resep Docang Cirebon 

Kuah Docang

-800 ml air

Bumbu Halus:

- 2 buah cabai merah
- 4 siung bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1/2 st ketumbar sangrai
- 1/2 iris terasi m
- 100qr atau 1/2 papan Oncom dage, hancurkan

Bumbu Cemplung:

- Sereh
- Daun Salam
- Lengkuas
- Jahe

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.