Resep Kukus Kakap Merah, Kuliner Khas Imlek di Bangka Belitung

Icon CameraHaryanto
Sabtu 21 Januari 2023 07:54 WIB
Resep Kukus Kakap Merah, Kuliner Khas Imlek di Bangka Belitung
Resep kukus kakap merah. (Foto: Instagram)

JAKARTA, celebrities.id - Ada banyak makanan khas Imlek yang disajikan sebagai harapan untuk membawa keberuntungan, salah satunya yaitu kukus kakap merah yang biasa disajikan warga keturunan Tionghoa di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Namun ada tata cara yang mesti diikuti sebelum menyantap kuliner kakap merah yang diolah dengan dikukus ini. Pasalnya, pertama ikan yang disajikan harus utuh, dari ekor hingga kepala karena mengandung makna agar rezeki yang didapat selalu mengalir utuh, mulai awal hingga akhir tahun.

Kemudian ketika menyajikannya bagian kepala harus menghadap orang yang dituakan atau dihormat dalam keluarga. Lalu si kepala keluarga akan memotong isi ikan dan membagikannya kepada orangtua, istri dan anak-anaknya. Kemudian baru disantap perlahan secara bersama-sama.

Setelah daging pada satu sisi ikan habis, ikan tidak boleh dibalik untuk mengambil daging di sisi lainnya dengan cara mengangkat bagian duri di tengah ikan.

Memiliki filosofi yang dalam, berikut cara membuat kukus kakap merah ini yang telah MNC Portal Indonesia dapatkan pada Sabtu (21/1/2023).

Resep kukus kakap merah

Bahan:

  • Ikan kakap merah segar
  • Daun seledri
  • Bawang putih (tumbuk)
  • Cuka racikan merah
  • Garam

Cara membuat:

1. Masukkan ikan pada wadah untuk mengukus, campur semua bumbu menjadi satu.

2. Tutup semua bumbu dan ikan yang sudah tercampur, tutnggu dari 15 hingga 20 menit.

3. Kukus kakap merah siap dihidangkan.

Selain ikan, ada beberapa makanan yang juga wajib ada saat Imlek seperti kue keranjang, olahan teripang, mi panjang umur, olahan sup, telur dan lain sebagainya.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News