Resep Nugget Ayam Sayur, Alternatif Lauk Sehat untuk Anak yang Susah Makan Sayur

Hasyim Ashari
Jumat 16 September 2022 16:29 WIB
Resep Nugget Ayam Sayur, Alternatif Lauk Sehat untuk Anak yang Susah Makan Sayur
Nugget sayur, resep alternatif lauk sehat untuk anak yang susah makan sayur. (Foto: YouTube)

JAKARTA, celebrities.id - Nugget ayam sayur bisa menjadi ide alternatif lauk yang sehat untuk anak-anak. Teksturnya yang lembut dan renyah di luar, nugget ayam sayur menjadi solusi bagi anak yang tak doyan makan sayur. 

Banyak para ibu yang menjadikan nugget ayam sebagai bekal anak ke sekolah. Selain praktis, nutrisi dapat terpenuhi dari sepotong nugget ayam. Dilansir dari Yummy, Jumat (16/9/2022), berikut Resep Nugget Ayam Sayur simak ulasannya.

Resep Nugget Ayam Sayur

Bahan:

500 gr dada ayam fillet
400 gr jamur tiram
125 gr es batu
50 gr tepung tapioka
1 sdt garam
1 sdt gula
1 sdt garlic powder
1 sdm penyedap jamur
1 sdt merica
200 gr tepung terigu
100 ml air
250 gr tepung panir

Cara Membuat:

1. Tiriskan dengan tissue dapur atau kain lap yang bersih hingga kering. Potong-potong kasar jamur.

2. Haluskan daging ayam dengan food processor, lalu tambahkan garam, garlic powder, merica, gula, dan es batu. Tambahkan tepung tapioka, aduk hingga merata.

3. Campurkan potongan jamur ke dalam adonan ayam yang sudah dihaluskan di dalam mangkok. Cetak adonan nugget sesuai bentuk yang diinginkan. Dinginkan dalam freezer selama satu jam.

4. Larutkan tepung terigu dan air sebagai pelapis dan tepung panir. Celupkan nugget ke dalam bahan pelapis kemudian dibalut dengan tepung panir.

5. Goreng nugget dengan minyak panas dengan api kecil agar ayam di bagian dalam matang. Goreng hingga kecoklatan, sajikan.

Editor : Johan Sompotan