Resep Spaghetti Ayam, Menu Alternatif untuk sang Buah Hati

Icon CameraHasyim Ashari
Kamis 17 November 2022 15:26 WIB
Resep Spaghetti Ayam, Menu Alternatif untuk sang Buah Hati
Spaghetti Ayam. (Foto: Cookpad/Vita)

JAKARTA, celebrities.id - Jika bosan menggunakan daging giling untuk membuat spaghetti, Celeb Hitz bisa menggantinya dengan daging ayam. Kelezatan pun tak kalah enak dengan daging giling.

Spaghetti ayam merupakan salah satu pilihan menarik untuk sajian makanan di acara keluarga. Makanan ini juga sangat ramah bagi orang dewasa dan anak-anak. 

Selain rasanya yang nikmat, membuat spaghetti ayam terbilang cukup mudah. Hanya memerlukan beberapa bahan dan cara memasak yang mudah. Yuk, simak cara membuat spaghetti ayam yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (17/11/2022) berikut ini:

Bahan:

6 cangkir kaldu ayam tanpa garam
dada ayam tanpa tanpa kulit
3 paha ayam tanpa kulit
12 ons spaghetti mentah
1 kaleng susu evaporasi
2 sdm tepung serbaguna
1 sdm kecap inggris

 

2 sdt saus pedas
2 sdt garam
2 sdm unsalted butter
1 bawang sedang
1 paprika berukuran besar
3 tomat berukuran sedang dicincang 
4 ons keju Cheddar putih diparut

Cara membuat:

1. Panaskan panci kemudian didihkan kaldu dengan suhu tinggi. Selanjutnya, tambahkan ayam ke kaldu lalu kurangi apinya menjadi sedang. Sekitar 25 menit, angkat ayam dan diamkan hingga siap digunakan.

2. Selanjutnya panaskan kaldu hingga mendidih, tambahkan pasta ke panci dan masak sampai empuk selama 9 menit. Kemudian, pindahkan pasta ke mangkuk sedang.

3. Setelah itu, kembalikan kaldu hingga mendidih yakni didihkan sampai cairan berkurang menjadi sekira 1 menit. Kocok bersama susu evaporasi dan tepung dalam mangkuk kecil. 

Aduk ke dalam kaldu dan rebus sampai agak mengental sekira 2 menit. Kemudian, matikan api dan aduk dengan kecap inggris, saus pedas, dan garam. Tuang campuran kaldu di atas pasta.

4. Tambahkan mentega, bawang bombay, dan paprika. Masak, aduk sering, sampai empuk, 5 hingga 6 menit. Matikan api, dan tambahkan campurana pasta kembali ke oven. Kemudian suwir ayam dan buang tulangnya. Untuk bagian atas kamu bisa taburi dengan keju, dan jangan lupa lapisi tipis dengan alumunium foil dan tutup. Kemudian panggang hingga keju memelh 25-30 menit.

5. Angkat dan sajikan.

Editor : Johan Sompotan