Resep Yu Sheng Pakai Daging Ubur-Ubur ala Chef Yvonne Yuen, Menu Wajib Khas Imlek

Icon CameraKiki Oktaliani
Kamis 19 Januari 2023 20:08 WIB
Resep Yu Sheng Pakai Daging Ubur-Ubur ala Chef Yvonne Yuen, Menu Wajib Khas Imlek
Yu sheng makanan khas saat perayaan Tahun Baru Imlek. (Foto: celebrities.id/Kiki Oktaliani)

JAKARTA, celebrities.id - Yu Sheng menjadi salah satu makanan wajib di perayaan Tahun Baru Imlek. Dalam penyajiannya, Yu Sheng identik dengan ikan segar seperti salmon atau tuna dengan berbagai macam irisan sayuran yang dipotong-potong secara halus.

Namun, Chef Yvonne Yuen memberikan inovasi yang menarik dan unik dengan menu Yu Sheng. Pasalnya, dia menggunakan jellyfish atau ubur-ubur sebagai pengganti ikan.

Ternyata penggunaan daging ubur-ubur pada Yu Sheng ini juga tak kalah lezatnya, jika dibandingkan dengan daging ikan.

“Kalau fish untuk chinese itu (Yu /yoo/), kalau ikan harus disisakan. Jadi, tahun ini saya pake ubur-ubur untuk menambah sedikit kerenyahan dan kesegaran yang sangat cocok dengan bumbu sausnya,” ujar chef Yvonne Yuen, saat ditemui di La Moda, Plaza Indonesia, kawasan Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2023).

Dalam pembuatannya, Chef Yvonne juga menuturkan bahwa bagian ubur-ubur yang dipilih berupa kepala, karena memiliki daging yang lebih tebal, dan kenyal.

Untuk memberikan rasa manis dan segar, ditambahkan pula saus yang terbuat dari Yuzu atau jeruk yang melambangkan keberuntungan sepanjang tahun.

“Jeruk ditambahkan pada saus, rasa manisnya merepresentasikan momen manis bersama seluruh keluarga, suami, istri, atau pacar,” kata Yvonne.

Tata cara menikmati Yu Sheng

Nah, selain menjadi hidangan khusus Imlek serta warnanya yang menarik, untuk menikmati Yu Sheng juga ada tata caranya tersendiri lho!Ā 

- Mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek, dengan harapan agar semua doa dapat terwujud.
- Menuangkan perasan jeruk lemon pada Yu Sheng, sambil mengucapkan Ā “ta cia ta lie” yang berarti semoga di sepanjang tahun nanti akan mendapatkan banyak rezeki.
- Menaburkan kulit pangsit, sambil mengucapkan “phien ti hwang cin” yang berarti harapan hidup yang penuh dengan kemewahan.
- Menaburkan biji wijen dan kacang tanah, dengan pengharapan agar kebahagiaan selalu menghampiri sepanjang tahun.
- Nah setelah semua kondimen tercampur, maka semua anggota keluarga, atau teman bisa mengaduk-aduknya dan mengangkat Yu Sheng setinggi-tingginya.

Yu Sheng diangkat setinggi-tingginya, yang melambangkan kemakmuran. Jadi, semakin tinggi Yu Sheng diangkat, maka dipercaya tahun yang akan datang akan mendapatkan rezeki atau keberuntungan yang lebih banyak.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News