Resmi! Inilah Aturan Terbaru PTM dari Menteri Nadiem Makarim, Berlaku Mulai Hari Ini

Bachtiar Rajab
Kamis 12 Mei 2022 14:19 WIB
Resmi! Inilah Aturan Terbaru PTM dari Menteri Nadiem Makarim, Berlaku Mulai Hari Ini
Belajar Tatap Muka di sekolah diberlakukan kembali, berikut aturan dari Menteri Nadiem Makarim. (Foto: Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menerbitkan aturan terbaru terkait SKB Empat Menteri terkait aturan terbaru mengenai Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Sekertaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti mengatakan, pemberlakukan PTM kali ini, berdasarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang ditetapkan pemerintah pusat dan capaian vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), serta warga masyarakat lansia. 

"Penetapan level PPKM masih diatur melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri yang disesuaikan berkala," ujar Suharti, Kamis (12/5/2022). 

Aturan tersebut, bagi satuan pendidikan yang berada pada PPKM Level 1 dan Level 2 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lanjut usia (lansia) di atas 60 persen, diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan Jam Pembelajaran (JP) sesuai kurikulum. 

Kemudian, bagi yang capaian vaksinasi PTK di bawah 80 persen dan lansia di bawah 60 persen juga diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan durasi pembelajaran paling sedikit 6 JP. 

Lebih lanjut, bagi satuan pendidikan yang berada di wilayah PPKM level 3 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lansia di atas 60 persen, diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan JP sesuai kurikulum. 

 

1
/
2