Resmi Jadi Tersangka Sopir Vanessa Angel Tubagus Joddy Langsung Ditahan, Dijebloskan ke Rutan Polres Jombang

Lukman Hakim
Kamis 11 November 2021 15:22 WIB
Resmi Jadi Tersangka Sopir Vanessa Angel Tubagus Joddy Langsung Ditahan, Dijebloskan ke Rutan Polres Jombang
Keadaan psikis Tubagus Joddy terbilang cukup stabil usai mengalami kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Andriansyah. (Foto: Okezone)

SURABAYA, celebrities.id – Setelah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan maut yang menewaskan Vanessa Angel dan suaminya Febri Andriansyah, sopir Vanessa Angel, Muhammad Joddy Pramas Setya akhirnya dijebloskan ke rumah tahanan (rutan) Polres Jombang.

Dalam perkara ini, Joddy dijerat Pasal 310 ayat (4) dan atau Pasal 311 ayat 5 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Pasal 310 ayat (4) UU LLAJ berbunyi, “Dalam hal kecelakaan sebagaimana dimaksud pada ayat (3) yang mengakibatkan orang lain meninggal dunia, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp12 juta”.

Kemudian Pasal 311 ayat (5) berbunyi “Dalam hal perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) mengakibatkan orang lain meninggal dunia, pelaku dipidana dengan pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun atau denda paling banyak Rp24 juta. 

“Yang bersangkutan (Joddy) kenapa ditetapkan sebagai tersangka, karena ada beberapa bukti yang bisa dikenakan. Contoh, dalam penggunaan jalan tol ada batas rambu yang harus dipatuhi pengemudi. Sudah ada petunjuk kecepatan maksimal 80 km/jam. Tapi kendaraan yang kemudikan tersangka diatas 100 km/jam," ujar Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Gatot Repli Handoko di Mapolda Jatim, Kamis (11/11/2021). 

Dalam penetapan ini, lanjut dia, penyidik mengumpulkan beberapa alat bukti dari hasil penyelidikan. Salah satunya adalah rekaman video viral Joddy membuat instastory di Instagram saat mengendarai mobil dengan kecepatan 190 km/jam. Kemudian tersangka terbukti lalai karena menggunakan ponsel dalam berkendara sehingga membahayakan orang lain. "Kepada yang bersangkutan hari ini sudah dilakukan penahanan di Polres Jombang," kata Gatot.

Diberitakan sebelumnya, Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah mengalami kecelakaan tunggal di KM 672 Tol Jombang, Jatim pada Kamis (4/11/2021) sekitar pukul 12.36 WIB. Dalam kecelakaan ini, Vanessa dan Febri atau akrab dipanggil Bibi meninggal dunia di tempat. Sementara tiga orang lain, termasuk anak mereka, babysitter, serta sopir mengalami luka-luka.

Diketahui, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), mobil Mitsubishi Pajero Nopol B 1284 BJU yang ditumpangi Vanessa dan keluarganya mengalami oleng ke kiri. Setelah itu menabrak pembatas jalan berupa beton. Akibatnya, SUV tersebut terlempar ke jalur cepat sejauh 30 meter.
 

Editor : Mohammad Saifulloh