Review Film Jurassic World: Dominion, Petualangan Hidup Manusia dengan Dinosaurus

Iqbal Widiarko
Kamis 09 Juni 2022 15:13 WIB
Review Film Jurassic World: Dominion, Petualangan Hidup Manusia dengan Dinosaurus
Review film Jurassic World: Dominion 2022. (Foto: IMDb)

JAKARTA, celebrities.id - Review film Jurassic World Dominion 2022 sangat ditunggu-tunggu para penggemar film dengan genre action adventure sebelum memutuskan menonton di bioskop terdekat.Ā 

Jurassic World digagas sebagai sekuel film pertama Jurassic Park (1993). Deretan film dinosaurus ini begitu sukses hingga film ini berkembang menjadi trilogi dengan perilisan Jurassic World: Fallen Kingdom (2018) dan yang terbaru adalah Jurassic World Dominion.

Dominion mengumpulkan lima karakter utama dari trilogi Jurassic Park (1993-2001) dan Jurassic World (2015-2022), di antaranya, Dr. Alan Grant (Sam Neill), Dr. Ellie Sattler (Laura Dern), Dr Ian Malcolm (Jeff Goldblum), Owen Grady (Chris Pratt) dan Claire Dearing (Bryce Dallas).

Dinosaurus dalam versi terbarunya dinilai hanya sebagai pelengkap dan penambah riuh dalam perjalanan Claire dan Owen ketika mencari anak mereka. Beberapa karakter baru seperti Kayla dan Ramsay yang diperankan oleh DeWanda Wise dan Mamoudou Athie, mempunyai peran ciamik yang bisa diterima oleh banyak orang.

Sayangnya, beberapa karakter antagonis baru seperti Dodgson (Campbell Scott) dan Santos (Dichen Lachman) dianggap cukup memiliki karakter yang stereotip. Mereka hanya berada di film ini agar terlihat menyebalkan oleh penonton. Jurassic World: Dominion tayang mulai Rabu, 8 Juni 2022 di bioskop-bioskop Indonesia. Dengan durasi 165 menit atau sekitar 2,5 jam, film ini layak menjadi tontonan di akhir pekan bersama keluarga.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Kamis (9/6/2022) telah merangkum review film Jurassic World Dominion, sebagai berikut.

Review Film Jurassic World Dominion

Nostalgia Film Dinosaurus

Film dinosaurus pertama karya Steven Spielberg menjadi sejarah awal menariknya kehidupan makhluk purba saat itu ke layar lebar tepatnya pada 1993. Film tersebut merupakan hasil adaptasi novel berjudul sama karya Michael Crichton, Jurassic Park yang berhasil membuat penonton kagum dengan penggunaan CGI dan practical effects yang digunakannya untuk membuat dinosaurus tampak hidup kembali.

Sementara dalam film Jurassic World Dominion, di samping kehadiran pemain lama, seperti Laura Dern, Sam Neill, dan Jeff Goldblum, adanya BD Wong sebagai Henry Wu, seorang peneliti yang berperan besar dalam rekayasa genetika dinosaurus sejak Jurassic Park, membuat kita kembali mengingat beberapa adegan action dengan berbagai dinosaurus terdahulu.

Teknologi Canggih Produksi

Perkembangan teknologi CGI dalam produksi perfilman dunia semakin tahun semakin canggih. Rasanya, ketika menonton dinosaurus di Jurassic World nampak terasa nyata ada di depan kita. Namun, ternyata tidak semua dinosaurus di Jurassic World diciptakan dengan teknik CGI. Di samping CGI, diperlukan juga rekaan dinosaurus dalam bentuk animatronic yang juga digunakan di film-film sebelumnya.

Animatronic sendiri merupakan semacam robot yang dibuat seperti nyata dan bisa bergerak dengan bantuan komputer. Robot ini dibutuhkan dalam rekaman antara aktor dan dinosaurus dalam jarak dekat sehingga terlihat lebih nyata. Computer-Generated Imagery (CGI) juga termasuk kedalam golongan spesial efek yang biasa digunakan dalam bidang komputer, seperti Grafis 3D komputer dalam pembuatan acara televisi, commercials, simulators, iklan, game bahkan film-film termasuk Jurassic World.

Ā 

1
/
2