Review Film Our Father, Kisah Nyata Skandal Dokter Kasus Inseminasi Anak

Iqbal Widiarko
Jumat 10 Juni 2022 16:42 WIB
Review Film Our Father, Kisah Nyata Skandal Dokter Kasus Inseminasi Anak
Film Our Father merupakan sebuah dokumenter yang dikupas dari kisah nyata. (Instagram: @netflixid)

JAKARTA, celebrities.id - Review film Our Father menarik untuk disimak karena film dokumenter ini mengaitkan kisah kehidupan medis dari sisi gelap yang terungkap. Rilis pada platform streaming Netflix 11 Mei 2022, film ini mendapat antusiasme penonton yang cukup tinggi.

Memiliki rating 6.5/10 pada situs IMDB, film buatan sutradara Lucie Jourdan ini merupakan sebuah dokumenter yang dikupas dari kisah nyata. Our Father menyoroti sisi medis di bidang fertilitas yang terjadi di Indiana, Amerika Serikat. Diawali dari sebuah investigasi mandiri yang dilakukan oleh salah satu anak Jacoba Ballard.

Dirinya melakukan tes DNA dan mengetahui sebuah fakta mengejutkan bahwa ia mempunyai banyak saudara yang sedarah padahal tidak ia kenali. Dari sinilah lalu mulai ditemukan banyak korban yang juga ternyata tidak menyadari kejahatan besar oleh dokter fertilitas tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022), celebrities.id telah merangkum review film Our Father. Berikut ulasannya.

Review Film Our Father

Cerita Sisi Lain Dunia Fertilitas

Our Father secara garis besar memperlihatkan ambisi pribadi seorang dokter hingga dirinya sendiri melanggar kode etik dan sumpahnya sebagai seorang profesional. Ambisi ini bersumber dari pemahaman sebuah kepercayaan sekte yang menyimpang dari aturan agama maupun hukum secara tersirat.

Dokter bernama Donald Cline menanamkan benih spermanya tanpa izin ke banyak perempuan. Salah satunya adalah Jacoba Ballard yang merupakan anak tunggal hasil donor sperma. Tes DNA yang dilakukannya menjelaskan ternyata bukan hanya satu namun tujuh saudara tirinya yang menentang praktik inseminasi anak tanpa persetujuan yang tidak bermoral ini. Ketika mereka mulai mempelajari lebih banyak tentang silsilah keluarga mereka, lalu menemukan kebenaran yang sungguh memuakkan.

Dokter fertilitas orang tua mereka telah menginseminasi pasiennya dengan spermanya sendiri tanpa sepengetahuan atau persetujuan mereka. Saat Ballard dan saudara-saudaranya yang baru ditemukan menyadari bahwa mereka baru saja mulai mengurai jaringan gelap penipuannya, pengejaran keadilan mereka terletak di inti cerita yang sangat meresahkan ini tentang pelanggaran kepercayaan yang tak masuk akal.

Kisah dokter Cline merupakan salah satu kasus paling produktif dengan korban 94 anak lebih. Perjuangan mereka untuk menemukan keadilan mengarah pada kesadaran yang disayangkan bahwa hanya ada sedikit perlindungan atau undang-undang yang berlaku terhadap penipuan kesuburan. 

Badan hukum di Texas dan Indiana akhirnya mengesahkan larangan seorang dokter menggunakan spermanya sendiri dalam inseminasi. Termasuk wilayah Kentucky yang meloloskan RUU penipuan kesuburan beberapa waktu yang lalu. Namun, itu ternyata bukan hukum federal. Hingga kini setidaknya ada 44 dokter yang diketahui telah melakukan kasus ini.

 

1
/
2