Ribuan Pemudik Kembali ke Jakarta Melalui Terminal Kampung Rambutan, Lebih Ramai daripada Arus Mudik

Ahmad Haidir
Sabtu 07 Mei 2022 20:37 WIB
Ribuan Pemudik Kembali ke Jakarta Melalui Terminal Kampung Rambutan, Lebih Ramai daripada Arus Mudik
Terminal Kampung Rambutan mulai kedatangan pemudik. (Foto: celebrities.id/Ahmad Haidir)

JAKARTA, celebrities.id - H+6 Idul Fitri 1443 H pada Sabtu (7/5/2022), diprediksi menjadi puncak arus balik Lebaran 2022. Para pemudik pun tampak berbondong-bondong kembali dari kampung halaman. 

Masyarakat ibu kota yang mudik ke kampung halamannya dengan menggunakan bus pun mulai kembali berdatangan, di mana petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta mencatat kurang lebih 3.215 pemudik tiba di Terminal Kampung Rambutan sepanjang hari ini. 

Jumlah tersebut tentu bisa lebih membludak lagi, mengingat data tersebut adalah hasil rekapitulasi sementara dari kedatangan penumpang di terminal yang berlokasi di Ciracas, Jakarta Timur itu hingga pukul 14.00 WIB. 

“Puncak arus balik Lebaran 2022 sepertinya hari ini mas, karena sampai jam dua siang tadi saja penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tercatat menembus 3.215 dengan total bus kedatangan 174,” ujar Aceng selaku Wakil Koordinator Komandan Regu (Danru) Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta untuk Terminal Kampung Rambutan. 

Aceng lantas mengungkap fakta menarik bahwa terminal Kampung Rambutan justru cenderung lebih ramai saat arus balik dibandingkan saat arus mudik

“Ya kalau menurut hitungan sih lebih padat arus balik.” ujarnya. 

Adapun seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan cuti bersama Lebaran tahun ini mulai 29 April hingga 8 Mei 2022, sehingga puncak arus balik diperkirakan akan terjadi sepanjang akhir pekan di awal bulan Mei ini yakni pada H+5 hingga H+7 Lebaran.

Editor : Hadits Abdillah