Ribuan Warga Muhammadiyah Gelar Pengajian di Destinasi Wisata Instagramable, Dukung Kebangkitan Pariwisata Indonesia

Erfan Erlin
Minggu 31 Juli 2022 12:29 WIB
Ribuan Warga Muhammadiyah Gelar Pengajian di Destinasi Wisata Instagramable, Dukung Kebangkitan Pariwisata Indonesia
Ribuan warga Muhammadiyah hadiri pengajian di tempat wisata instagramable. (Foto: celebrities.id/Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, celebrities.id - Pemandangan tidak biasa terlihat di HeHa Sky View. Jika pada akhir pekan atau Minggu, tempat wisata dipadati wisatawan, akan tetapi berbeda di HeHa SkyView hari ini, Minggu (31/7/2022). Pasalnya, ribuan warga Muhammadiyah terlihat memadati destinasi wisata instagramable di kawasan Kapanewon Patuk Gunungkidul itu untuk menghadiri pengajian Ahad pagi.

Ketua I Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kapnewon Patuk, Ponco Budi Susilo menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Muhammadiyah. Pihaknya ingin berkolaborasi memberikan penyegaran kepada jemaahnya. Selain wisata secara rohani dengan pengajian, jemaah sekaligus bisa berwisata secara jasmani.

"Jadi bisa ikut pengajian sembari berwisata," tutur Ponco kepada celebrities.id.

Menurut Ponco, selain menggelar pengajian rutin, Muhammadiyah Kapanewon Patuk juga berusaha mempromosikan obyek wisata yang berada di wilayah tersebut. Karenanya, tak hanya di HeHa Sky View, mereka juga rutin menggelar pengajian di objek wisata lain.

Adapun obyek wisata yang juga kerap menjadi tempat pengajian adalah di Gunung Ireng. Yakni sebuah destinasi wisata gunung purba serta Gunungapi Purba Nglanggeran. Dua destinasi tersebut, HeHa Sky View dan Gunung Ireng, memang menjadi objek wisata andalan yang perlu dikenalkan ke masyarakat. 

"Kita juga ingin agar masyarakat Patuk ini mengenal obyek wisata di wilayah mereka. Jangan sampai justru mereka tidak mengetahui obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asal luar Patuk," tuturnya.

Dengan menggelar pengajian di destinasi wisata seperti Minggu pagi ini, ternyata antusias jemaah untuk mengikutinya pun cukup tinggi. Terbukti, ribuan orang memadati kawasan HeHa Sky View. Bahkan jamaah sampai memadati halaman luar destinasi buatan ini.

Kegiatan pengajian ini juga diisi dengan penggalangan dana pembangunan sekolah unggulan milik Muhammadiyah yang kini tengah dibangun di Kalurahan Putat.

General Manager HeHa Sky View, Bagus Dewa mengatakan karena lokasi HeHa Sky View berada di Kapanewon Patuk, maka pihaknya berpartisipasi dalam pengajian dan penggalangan dana tersebut. Mereka pun cukup senang dengan program yang mereka kerjakan, pasalnya mereka dapat melihat antusiasme masyarakat cukup tinggi.

Pihaknya pun akan selalu berusaha berkolaborasi dengan masyarakat sekitar. Setidaknya 85 persen dari karyawan HeHa Sky View berasal dari warga sekitar. Di samping itu, Bagus juga berkolaborasi dengan BUMDes untuk penyediaan lahan parkir.

"Untuk kebutuhan air juga dari BUMDes dan ada stand untuk UMKM Kapanewon Patuk," kata dia.

Editor : Lisvi Padlilah