Ridwan Kamil Sopiri Sri Sultan Hamengku Buwono X Pakai Mobil Listrik, Ajak Bernostalgia di Bandung

Agung Bakti Sarasa
Selasa 07 Desember 2021 20:09 WIB
Ridwan Kamil Sopiri Sri Sultan Hamengku Buwono X Pakai Mobil Listrik, Ajak Bernostalgia di Bandung
Ridwan Kamil sopiri Sri Sultan Hamengku Buwono keliling Bandung. (Foto: celebrities.id/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, celebrities.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menjemput sekaligus mengajak Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk bernostalgia di Kota Bandung, Selasa (7/12/2021). 

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bahkan menjadi 'sopir pribadi' Sri Sultan Hamengkubuwono X bersama istri tercintanya, Gusti Kanjeng Ratu Hemas untuk berkeliling Kota Bandung menggunakan mobil listrik. 

Setelah menyusuri Kota Bandung, Kang Emil yang juga ditemani sang istri, Atalia Praratya bersama Sri Sultan dan Ratu Hemas singgah di salah satu rumah makan di Kota Bandung, Ayam Goreng Nikmat Panaitan. Rumah makan yang berdiri sejak 1965 silam itu ternyata punya sejarah tersendiri bagi Sri Sultan dan Ratu Hemas. 

"Hari ini saya jadi sopir. Mudah-mudahan sesuai dengan aplikasi, keliling ke tempat Ngarso Dalem (Sri Sultan) dulu yang sering ke rumah (calon) istri dulu Kanjeng Ratu Hemas," ujar Kang Emil. 

Menurut Kang Emil, Sri Sultan dan Ratu Hemas memiliki banyak kenangan di Kota Bandung. Dengan mobil listrik yang dikendarainya, dia diminta Sri Sultan untuk  melewati Taman Cibeunying Selatan dan Pasar Cihapit. Menurutnya, dua tempat itu selalu diingat oleh Sri Sultan dan Ratu Hemas. 

"Karena dulu Ratu Hemas ini orang tuanya dinas di Bandung. Ngarso Dalem (Sri Sultan) sering mengunjungi. Jadi, tadi kita lewat Taman Cibeunying Selatan terus ke Cihapit karena ternyata Ratu Hemas dulu sering jalan kaki belanja ke Pasar Cihapit dan makan di sini (Ayam Goreng Nikmat Panaitan)," kata Kang Emil. 

Selama berkeliling ke berbagai sudut Kota Bandung. Kang Emil sempat mengajak Sri Sultan melintasi Jalan Majapahit dan Jalan  Hayam Wuruk yang berada di sekitar kawasan Gedung Sate. Kang Emil sendiri mengaku, sangat terkesan dengan kehadiran Sri Sultan di Bandung.

 

1
/
2