Ringgo Agus Rahman Singgung Tindakan Kekerasan Sutradara pada Kru, Sebut Tidak Semuanya Buruk

Icon CameraSelvianus Kopong Basar
Selasa 13 September 2022 10:05 WIB
Ringgo Agus Rahman Singgung Tindakan Kekerasan Sutradara pada Kru, Sebut Tidak Semuanya Buruk
Ringgo Agus Rahman ajak ciptakan iklim sehat di lingkungan kerja yang anti kekerasan. (Foto: celebrities.id/Instagram @ringgoagus)

JAKARTA, celebrities.id - Ringgo Agus Rahman menanggapi tindakan kekerasan sutradara Andi Bachtiar Yusuf terhadap kru produksi yang belakangan viral di jagat maya. Rupanya, suami Sabai Dieter Morscheck yang telah lama berkecimpung di industri film ini menyebut tidak semua sutradara melakukan tindak kekerasan serupa.

Menurutnya, selama bekerja sebagai aktor, dia belum pernah bertemu sutradara yang memiliki karakter buruk yang berani melakukan tindakan kekerasan terhadap krunya. Apalagi tindakan tersebut, dilakukan selama berada di lokasi syuting.

"Nggak semua sutradara biasanya sutradara yang gua kerja, nggak berani ambil kesimpulan terlalu cepat ya. Karena harus ada mediasi di antara pelaku dan korban," kata Ringgo Rahman kepada awak media, di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022).

"Kalau sekarang gua menuduh dan ternyata dia apa-apa gitu. Apakah benar-benar gitu, kita tunggu ajalah," ucapnya melanjutkan.

Akan tetapi, pria yang mengawali karier sebagai penyiar radio itu tegas mengatakan bahwa tindak kekerasan adalah buruk. Sehingga, sebagai aktor, dia sangat menyayangkan sikap yang ditunjukan sutradara yang menjuluki diri sebagai sutradara Ganteng.

Berdasarkan pengalaman itu, ayah dua anak itu mendorong para pekerja seni peran khususnya, untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi setiap pekerja. Tanpa harus melakukan tindakan kekerasan terhadap semua kru produksi film.

"Gua nggak mau melumrahkan hal tersebut. Bagaimanapun, kekerasan di lokasi syuting sebenarnya nggak baik. Selama ini di depan gua banyak sekali dan beberapa orang membiarkan serta mendiamkan," tuturnya.

"Sekarang sudah mulai terciptanya lingkungan kerja yang baik dan sehat. Kalau bilangnya lumrah, saya sendiri tidak mau melumrahkan hal (red: kekerasan) tersebut," katanya lagi.

Lebih lanjut, bintang film ‘Keluarga Cemara’ berharap agar kedepannya tidak terjadi hal-hal serupa. Apalagi tindakan kekerasan berdasarkan pada memenuhi kekuasaan dan rasa ego.Ā 

"Karena banyak orang memakai cara dan posisi tertentu hanya untuk ego, kekuasaan dan gua nggak suka. Semua orang ingin bekerja dengan baik dan mari kita ciptakan hal itu, bukan hanya di film saja tapi di mana pun," ujarnya.

Sebagai informasi, akibat tindakan sutradara Andi Bachtiar Yusuf, dia dipecat dari rumah produksi Paragon Pictures. Tak cuma itu, lelaki yang dijuluki Sutradara Ganteng itu juga didepak dari Indonesia Film Directors' Club atau IFDC.

Andi Bachtiar Yusuf pun sempat memberikan klarifikasi terkait kejadian yang viral di media sosial. Bahkan, sang sutradara memberikan penjelasan terkait kronologi kejadian dugaan dorongan dan menampar kru tersebut dari sudut pandangnya.

Editor : Lisvi Padlilah