Riset: Anak-Anak Penyintas Covid-19 Ringan Ternyata Punya Antibodi yang Kuat 

Ahmad Islamy Jamil
Senin 19 Juli 2021 17:50 WIB
Ilustrasi anak penyintas Covid. (Foto: Ist.)

DURHAM, celebrities.id – Penderita Covid-19 saat ini tidak hanya dialami orang dewasa, anak-anak pun diketahui sudah banyak yang mengalaminya. Meski begitu, anak-anak dan remaja penyintas Covid-19 dengan gejala ringan hingga tanpa gejala ditemukan memiliki respons antibodi yang kuat hingga empat bulan pascainfeksi. 

Hal itu terungkap lewat hasil penelitian penting terbaru. Riset dilakukan oleh para peneliti di Duke University yang berbasis di Amerika Serikat dan dimuat dalam jurnal JCI Insight. 

Dalam laporannya, para peneliti menemukan bahwa anak-anak dan remaja yang pernah mengidap Covid-19 mengembangkan respons antibodi yang mampu menetralkan virus corona jenis SARS-CoV-2

Lebih lanjut lagi, respons kekebalan tersebut sebanding atau bahkan lebih unggul daripada yang diamati pada orang dewasa. 

“Temuan ini menggembirakan, terutama karena kita belum dapat memvaksinasi anak-anak di bawah usia 12 tahun untuk melawan virus,” kata asisten profesor di Departemen Pediatri Sekolah Kedokteran Duke University yang juga salah satu peneliti terlibat dalam studi tersebut, Jillian Hurst, dikutip kembali Alarabiyah, Senin (19/7/2021). 

“Studi ini menunjukkan bahwa anak-anak yang pernah mengalami infeksi ringan atau bahkan mereka yang tidak memiliki gejala apa pun, mengembangkan respons kekebalan yang kemungkinan akan memberikan perlindungan terhadap infeksi di masa mendatang,” ucapnya. 

 

1
/
2