Robot Pemandu Masjidil Haram Bisa 11 Bahasa, Mudahkan Jemaah Haji dan Umrah 

Nadhifah Qothrunnada
Senin 16 Mei 2022 11:03 WIB
Robot Pemandu Masjidil Haram Bisa 11 Bahasa, Mudahkan Jemaah Haji dan Umrah 
Robot Pemandu Masjidil Haram. (Foto: celebrities.id/Arabnews)

MEKAH, celebrities.id – Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadikan kehidupan semakin mudah. Sama halnya seperti robot yang dikhususkan untuk memandu para jemaah di Masjidil Haram, Mekah. 

Selain memberikan pantuan kepada jemaah, robot ini dapat diakses dalam 11 bahasa, yakni Arab, Inggris, Prancis, Rusia, Persia, Turki, Melayu, Urdu, Cina, Bengali, dan Hausa. 

Dilansir dari Arab News, Senin (16/5/2022), robot beroda empat tersebut akan memberikan panduan tentang tata cara melakukan umrah, mengeluarkan fatwa-fatwa agama yang sudah diputuskan ulama, menjawab pertanyaan hingga memberi kesempatan kepada jemaah untuk berkomunikasi langsung dengan para ulama dari jarak jauh. 

Robot layar sentuh sebesar 21 inci ini juga dilengkapi dengan sistem penghentian cerdas yang dapat dipindahkan dengan mudah dan lancar. 
Tak hanya itu, robot ini dilengkapi dengan  kamera resolusi tinggi yang mampu memberikan kejelasan dalam mentransmisikan gambar. Selain itu, headphone resolusi tinggi serta mikrofon dengan kualitas tangkapan tinggi juga mampu mentrasmisikan suara jernih. 

Manusia mesin ini bekerja pada sistem jaringan nirkabel Wifi dengan kecepatan 5 GHz yang mampu mentransmisikan data dengan mudah, cepat dan tinggi.

Editor : Lisvi Padlilah