Roger Federer Umumkan Pensiun, Marc Marquez: Dia Itu Bagaikan Valentino Rossi

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu 17 September 2022 11:01 WIB
Roger Federer Umumkan Pensiun, Marc Marquez: Dia Itu Bagaikan Valentino Rossi
Roger Federer dan Valentino Rossi. (celebrities.id/sportskeeda)

ARAGON, celebrities.id - Bintang MotoGP Marc Marquez turut memberikan pendapatnya selepas Roger Federer mengumumkan pensiun pada Kamis 17 September lalu. Dia mengibaratkan pria 41 tahun itu ibarat Valentino Rossi di dunia tenis.

Ya, Federer gantung raket dengan meninggalkan sejumlah prestasi yang memantaskan dirinya disematkan predikat legenda. Salah satu yang paling jelas adalah 20 gelar Grand Slam yang diraihnya selama 24 tahun ke belakang.

Prestasi itu dapat disandingkan dengan Valentino Rossi di MotoGP. Pembalap Italia itu telah mencatatkan tujuh kali gelar juara dunia di MotoGP. Namanya pun kini menjadi identitas tersendiri untuk olahraga ini.

Hal ini juga yang membuat Marquez menyetarakan kedua pria tersebut. Menurutnya, baik Federer maupun Rossi, mereka telah memberikan dampak besar untuk perkembangan olahraganya masing-masing.

"Federer? Dia itu bagaikan Valentino Rossi yang pensiun tahun lalu," ucap Marquez dalam konferensi pers jelang MotoGP Aragon 2022 lalu, dikutip dari laman resmi MotoGP, Sabtu (17/9/2022).

"Kita berbicara tentang orang-orang yang telah memberikan dampak yang berbeda dalam olahraganya masing-masing. Saya selalu mendukung Nadal tapi kelas Roger berbeda,” ucapnya.

"Kedua pria ini bukan hanya mampu menjangkau penggemar di daerahnya saja, tetapi ke seluruh dunia karena prestasi yang mereka capai," tuturnya.

Federer sendiri memiliki kedekatan tersendiri dengan para pembalap MotoGP di eranya. Dia bahkan sempat menyempatkan menonton ajang balap tertinggi dunia itu pada 2008 silam.

Bahkan pada saat itu, Federer turut menjumpai Valentino Rossi. The Doctor pun secara terang-terangan mengagumi sosoknya.

Sebagai informasi, Federer akan pensiun setelah mengikuti ajang Piala Laver 2022 pada 23 - 25 September mendatang. Meski sudah pensiun, dia bertekad tak mau berhenti bermain tenis.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi