Rumah Produksi Tegaskan Cerita Upin & Ipin Rekaan Semata, Tidak Terinspirasi Kehidupan Siapa Pun

Ayuningtyas Notomihardjo
Selasa 18 Januari 2022 00:04 WIB
Rumah Produksi Tegaskan Cerita Upin & Ipin Rekaan Semata, Tidak Terinspirasi Kehidupan Siapa Pun
Cerita Upin dan Ipin hanya rekaan semata. (celebrities.id/YouTube)

JAKARTA, celebrities.id - Pihak produksi kartun Upin dan Ipin akhirnya memberikan klarifikasi. Terlebih tentang alasan dari kedua bocah yatim piatu dan memiliki kepala botak plontos.

Semua reka adegan cerita juga tidak ada sangkut paut dengan kehidupan seseorang. Melainkan memang hanya kebutuhan semata-mata hiburan namun sarat akan makna bermanfaat.

“Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production,” tulis cuitan twitter @lescopaque, Senin (17/1/2022).

“Tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada,” tulis cuitan tersebut.

Ide cerita yang berkesan senang dan candaan saja, ternyata memiliki banyak makna dan pengertian yang bermanfaat. Apalagi, beberapa pemeran seperti Opah dan Tok Dalang yang sering menginspirasi.

Sering muncul pertanyaan kenapa Upin dan Ipin Yatim Piatu. Les Copaque juga menjawab itu secara detail. Mereka membeberkannya soal apa alasan Upin dan Ipin Yatim Piatu.

“Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu,” tulis @lescopaque.

Kebotakan yang dialami dua bocil ini juga bukan karena adanya penyakit. Sekali lagi, kisah Upin dan Ipin ini bukanlah mengangkat dari kisah perorangan.

Ternyata ada alasan mengapa karakter dua adik kecil Kak Ros ini botak. Sebab, demi mempercepat proses pembuatan simulasi rambut yang nantinya malah akan memakan waktu panjang lagi.

“Begitu juga ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak tetapi Upin ada sehelai rambut,” tulis penjelasan @lescopaque.

Editor : Hadits Abdillah