Rumus Luas Segitiga, Lengkap dengan Penjelasan dan Contoh Soal

Kevi Laras
Jumat 14 Januari 2022 10:59 WIB
Rumus Luas Segitiga, Lengkap dengan Penjelasan dan Contoh Soal
Rumus luas segitiga akan lebih mudah untuk dipahami jika diiringi dengan penjelasan dan contoh soal. (celebrities.id/Freepic)

JAKARTA, celebrities.id - Rumus luas segitiga akan lebih mudah untuk dipahami jika diiringi dengan penjelasan dan contoh soal.

Secara umum segitiga salah satu jenis bangun datar, disebut segitiga karena memiliki tiga sudut. Menurut Wikipedia segitiga adalah poligon dengan tiga ujung dan tiga simpul. Ini adalah salah satu bentuk dasar dalam geometri.

Segitiga dengan simpul A, B, dan C dilambangkan ????ABC. Pembahasan segitiga dikenal saat jenjang SD dan SMP, biasanya mempelajari rumus segitiga berupa luas dan keliling.

Untuk mencari luas segitiga adalah dengan cara menggunakan rumus Luas = ½ × a × t. Sementara untuk keliling segitiga caranya dengan menjumlahkan panjang dari masing-masing garisnya. Berikut rumus segitiga yang telah dirangkum Celebrities dari berbagai sumber, Jumat (14/1/2022).

Contoh Soal Rumus Segitiga

Suatu segitiga sama sisi memiliki panjang alas 30 cm dan tinggi 10 cm. Hitunglah keliling dan luas segitiga tersebut!
Karena segitiga tersebut merupakan segitiga sama sisi, sehingga ketiga sisinya sama panjang.

1. Rumus keliling segitiga = s + s + s
=30+30+30
=90 cm

2. Rumus luas segitiga= ½ a × t
diketahui: alas (a)= 30
                  tinggi (t)= 10 
= ½ 30 × 10
=150 cm²

Perlu diketahui segitiga berdasarkan besar sudutnya dibagi dalam tiga jenis yakni segitiga lancip, siku- siku dan segitiga tumpul. Segitiga lancip adalah segitiga yang masing-masing sudut besarnya kurang dari 90°.

Sementara, segitiga siku-siku adalah segitiga yang salah satu sudut besarnya 90º. Segitiga tumpul adalah segitiga yang salah satu sudut besarnya lebih dari 90°. 

 

1
/
2