Saham SM Entertainment, Begini Cara Beli dan Cek Harga Terbarunya

Iqbal Widiarko
Rabu 27 April 2022 12:52 WIB
Saham SM Entertainment, Begini Cara Beli dan Cek Harga Terbarunya
SM Entertainment (Foto: celebrities.id/ wesbite SM Entertainment)

JAKARTA, celebrities.id - Saham SM Entertainment merupakan salah satu saham yang sedang dicari para investor dunia. 

Perusahaan agensi hiburan yang menciptakan idol-idol K-Pop ini menaungi sejumlah grup idol dan solois papan atas, di antaranya Super Junior, NCT, TVXQ, F(x), EXO, BoA, Shinee, dan masih banyak lagi.

Lee Soo Man adalah pendirinya dan saat ini memegang 18,73 persen saham di SM Entertainment. Dia adalah pemegang saham terbesar perusahaan ini. Popularitas sejumlah artis K-pop pun saat ini semakin meluas.

Bukan hanya di Indonesia, popularitasnya juga berkembang di Asia, Eropa dan Amerika. Hal ini tentunya menjadi peluang besar juga bagi para investor untuk membeli saham SM Entertainment agar bisa meraup untung yang berlimpah.

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (27/4/2022), celebrities.id telah merangkum Saham SM entertainment, sebagai berikut.

Saham SM Entertainment

SM Entertainment merupakan perusahaan yang berkecimpung di bidang industri hiburan Korea Selatan yang berdiri pada tahun 1995. Pendiri SM Entertainment adalah Lee Soo-man. Perusahaan hiburan ini memproduksi label rekaman, musik dan konser, manajemen acara dan penerbitan musik.

Semakin meningkatnya perkembangan perusahaan, akhirnya SM Entertainment mengumumkan bahwa perusahaan hiburan ini berhasil masuk di KOSDAQ dan IPO pada 27 April 2000. Setelah berhasil masuk ke bursa korea, SM Entertainment melaporkan pendapatannya pada 2015, yakni sebesar 287 juta dolar Amerika Serikat (AS) dan laba bersih 19 juta dolar AS.

Harga saham SM Entertainment per 1 November 2021 berada di 80.900 KRW atau 68,73 dolar AS. Per tanggal 23 Februari 2022, saham Entertainment ditutup di angka 71.600 KRW. Padahal, pada 3 Agustus 2021, harganya masih di angka Rp62.700. Saat ini saham SM Entertainment tercatat berada di angka 71.400 KRW per tanggal 20 April 2022.

Cara Membeli Saham SM Entertainment

Jika sedang berada di Korea:

1. Bukalah rekening bank korea.
2. Kemudian buka akun sekuritas pribadi menggunakan bank pendaftaran sekuritas di rekening bank korea.
3. Buka akun dengan penjamin emisi.
4. Lalu buat pesanan dan pastikan bayar 50% dari harga awal.
5. Terakhir tunggu transaksi selesai.

Jika sedang di luar Korea atau Indonesia:

1. Buatlah akun sekuritas pribadi menggunakan akun broker.
2. Beli saham SM Entertainment setelah Big Hit sudah go public. Ajukan pesaham terlebih dahulu melalui broker saat mendaftar.
3. Siapkan biaya investasi yang akan dikenakan selain dari transaksi harga saham awal. Biaya investasi ini bisa berbeda antara broker satu dengan lainnya.
4. Gunakan broker yang bisa membeli saham asing luar negeri seperti Jp Morgan dan lain-lainnya.

Editor : Oktiani Endarwati