Salatiga Berpotensi Jadi Destinasi Gastronomi, Didukung Penuh Sandiaga Uno

Novie Fauziah
Senin 16 Mei 2022 22:31 WIB
Salatiga Berpotensi Jadi Destinasi Gastronomi, Didukung Penuh Sandiaga Uno
Menparekraf Sandiaga Uno dukung Salatiga jadi destinasi gastronomi. (Foto: celebrities.id/Novie Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung pengembangan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja di kawasan Salatiga, Jawa Tengah. Khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf), serta gastronomi.

Sandiaga menilai, pemerintah kota (Pemkot) di Salatiga memiliki gairah untuk terus membangkitkan dan mengembangkan wisata gastronomi, khususnya pascapandemi. Menurutnya, hal ini dikarenakan wisata gastronomi tidak hanya menawarkan pengalaman kuliner seperti pada umumnya.

"Tapi juga menyajikan pengalaman budaya dan sejarah di balik kehadiran suatu menu makanan," kata Sandiaga dalam keterangan resminya.

Sandiaga menjelaskan, Kota Salatiga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai destinasi gastronomi. Utamanya lantaran ragam kuliner khas yang menjadi andalan Kota Salatiga. 

Diantaranya adalah Sate Sapi Suruh, Opor Bebek, Soto Esto, Gecok Kambing, Ronde Sekoteng, Enting-Enting Gepuk, dan sajian khas Salatiga yang ikonik adalah Tumpang Koyor.

Kota Salatiga juga sangat strategis karena diapit tiga kota penting di Jawa Tengah dan DIY. Yakni Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. Sementara dari segi keindahan, Salatiga juga sangat cantik. 

Hal inilah yang menjadi kekuatan Salatiga untuk menjadi salah satu destinasi terbaik dengan gastronomi sebagai daya tarik utama. 

"Kemenparekraf sebelumnya juga telah menetapkan Kota Salatiga sebagai salah satu Kota Kreatif. Bahkan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga telah mengusulkan Kota Salatiga menjadi Kota Kreatif Gastronomi," kata Sandiaga. 

Sandiaga bilang, bahwa Kemenparekraf akan memberikan memberikan dukungan di berbagai sektor baik melalui pendekatan anggaran, kehadiran (kunjungan), maupun juga pendekatan regulasi. 

Gastronomi sendiri merupakan ilmu yang membahas tentang kebiasaan makan yang baik (good eating habit) atau bisa juga dikaitkan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan kenikmatan makanan dan minuman. Namun, lebih dari itu, gastronomi bukan hanya soal makanan dan minuman yang dihidangkan di atas meja, tapi ilmu yang mempelajari seluk-beluk cerita di balik makanan itu sendiri. Mulai sejarah makanan, asal bahan pangan, pengolahan, cara masak, hingga bagaimana makanan itu dimakan.

Editor : Hadits Abdillah