Sampah Masih Jadi Masalah Serius di Indonesia, Jakarta Hasilkan Lebih dari 7 Ribu Ton per Hari

Syifa Fauziah
Selasa 21 Juni 2022 22:27 WIB
Sampah Masih Jadi Masalah Serius di Indonesia, Jakarta Hasilkan Lebih dari 7 Ribu Ton per Hari
Sampah masih menjadi permasalahan yang serius di Indonesia, terutama di ibu kota. (Ilustrasi: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Sampah masih menjadi permasalahan yang serius di Indonesia. Bahkan, menurut data dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) total sampah nasional pada tahun 2021 mencapai 68,5 juta ton.

Dari jumlah itu, sebanyak 17 persen atau sekitar 11,6 juta ton didominasi oleh sampah plastik. Bahkan untuk wilayah Jakarta sendiri menduduki peringkat penyumbang sampah ketiga dengan berkontribusi sebesar 2,59 juta ton. Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menyebut Jakarta memproduksi sebanyak 7.500 ton sampah per harinya atau setara dengan ukuran Candi Borobudur.

Rupanya kebanyakan sampah yang dihasilkan merupakan sampah sachet, plastik multiplayer, dan sampah HDPE. Hal itu karena gaya hidup praktis masyarakat kerap mengkonsumsi produk berbahan dasar plastik sekali pakai.

Oleh karena itu, diperlukan langkah konkret dari para pelaku usaha dan konsumen untuk menanggulangi permasalahan tersebut mulai dari menekan angka penggunaan plastik, mengurangi penggunaan produk sekali pakai, hingga berkontribusi untuk mendaur ulang sampah agar mampu memberikan manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat.

Dalam upaya mencari solusi mengatasi permasalahan sampah, P&G Indonesia dan Octopus Indonesia membuat program Conscious Living di Jakarta demi membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang ada. Program ini juga sebagai bentuk hadiah untuk Ibukota Jakarta yang sedang berulang tahun ke-495 tahun.

Sustainability Champion P&G Indonesia, Ariandes Veddytarro mengatakan pihaknya berkomitmen untuk dapat mengelola 40 ton sampah plastik di DKI Jakarta serta melibatkan 30.000 masyarakat DKI Jakarta agar menjaga kelestarian lingkungan dengan menyetorkan sampah rumah tangganya.

"Kami sangat senang, melalui program pertama di Jawa Barat, saat ini kami telah melebihi target 1 tahun kami hanya dalam jangka waktu 8 bulan. Di mana lebih dari 20 ribu penduduk di Provinsi Jawa Barat telah menyetorkan 35,1 ton sampah plastik produk P&G ke partner kami, Octopus Indonesia," kata Ariandes Veddytarro saat ditemui di La Terrace Senayan, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

 

1
/
2