Sandiaga Uno Kunjungi Kampus Pariwisata Poltekpar NHI Bandung, Dorong Ciptakan SDM Berkualitas Global

Icon CameraMNC Media
Jumat 25 November 2022 18:20 WIB
Sandiaga Uno Kunjungi Kampus Pariwisata Poltekpar NHI Bandung, Dorong Ciptakan SDM Berkualitas Global
Sandiaga Uno kunjungi kampus pariwisata Poltekpar NHI Bandung. (celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap pembangunan Gedung Kuliah Praktik Terpadu Jurusan Hospitality Kampus Dayeuhkolot Poltekpar NHI Bandung akan semakin memperkuat penciptaan sumber daya manusia (SDM) pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing dunia. 

Menparekraf Sandiaga Uno dalam kegiatan "Topping Off Gedung Kuliah Praktik Terpadu Jurusan Hospitality Kampus Poltekpar NHI Bandung", Kamis (24/11/2022) di Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, mengatakan, proyek pembangunan ini diharapkan dapat menjadi tonggak dasar dalam merealisasikan kampus Poltekpar NHI Bandung yang siap untuk menyongsong era pembangunan sumber daya manusia pariwisata berkualitas dan berdaya saing global. 

"Ini adalah tahap akhir pembangunan fase 1 dari gedung praktik terpadu hospitality Poltekpar NHI Bandung. Ini akan menjadi tonggak dasar dalam merealisasikan SDM kita yang berdaya saing dunia," kata Menparekraf Sandiaga Uno. 

Dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di kampus yang berdiri di atas lahan seluas 34 hektare ini nantinya harus dapat mendukung terciptanya inovasi-inovasi baik di bidang metode pembelajaran, inovasi berbasis riset, pelatihan kurikulum berbasis kewirausahaan, serta membangun engagement dan linkage dengan para pemangku kepentingan. 

"Jangan sampai kita menjadi menara gading, tapi kita harus merangkul semua dan jangan lupa berkolaborasi untuk penciptaan SDM unggul di sektor pariwisata," ujar Sandiaga Uno.  

Lebih lanjut Sandiaga Uno berharap Poltekpar NHI Bandung dapat menjadi pusat unggulan sebagai center of culinary tourism, pusat inkubasi wirausaha parekraf, dan memiliki program magister terapan. 

"Ke depan juga akan dibuka program Doktor bidang parekraf sehingga nanti kita juga bisa mencetak profesor di bidang pariwisata," katanya.

Indonesia belum lama ini mendapat apresiasi internasional atas kesuksesan penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Di mana banyak pemimpin dunia yang tidak hanya mengakui keindahan alam dan ragam budaya serta produk ekonomi kreatif tanah air, tapi juga keramahtamahan (hospitality) masyarakat. 

"Inilah yang harus kita kembangkan sebagai pilar kekuatan bangsa kita," kata Sandiaga Uno. 

Pembangunan Gedung Kuliah Praktikum Terpadu Jurusan Hospitality Politeknik Pariwisata NHI Bandung saat ini telah mencapai 80 persen dan terdiri dari dua bangunan utama. 

Pertama adalah bangunan yang diperuntukkan untuk kuliah praktikum jurusan hospitality, yang terdiri dari Program Studi Seni Kuliner, Tata Hidang, Seni Pengolahan Patiseri, Divisi Kamar, dan Pengelolaan Perhotelan. Kemudian bangunan kedua adalah bangunan mechanical, electrical dan plumbing atau MEO, serta Gardu PLN.

Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung Andar Danova L. Goeltom, menjelaskan gedung kampus ini akan mengusung konsep eco friendly and entrepreneurial campus dengan penguatan ruang terbuka hijau sebesar 60 persen berbanding dengan bangunan. Serta penguatan Technopark sebagai pusat kewirausahaan mahasiswa. 

 

1
/
2