Sandiaga Uno Sebut Mahalnya Harga Tiket Pesawat Berpengaruh terhadap Jumlah Wisatawan di Indonesia, Ini Strategi yang Diambil Kemenparekraf

Icon CameraNovie Fauziah
Rabu 25 Januari 2023 21:11 WIB
Sandiaga Uno Sebut Mahalnya Harga Tiket Pesawat Berpengaruh terhadap Jumlah Wisatawan di Indonesia, Ini Strategi yang Diambil Kemenparekraf
Sandiaga Uno Sebut Mahalnya Harga Tiket Pesawat Berpengaruh terhadap Jumlah Wisatawan di Indonesia, Ini Strategi yang Diambil Kemenparekraf. (Foto:celebrities.id/MPI Novie Fauziah)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno menyebut tingginya harga tiket pesawat masih menjadi salah satu hal yang perlu diselesaikan karena berkaitan dengan wisatawan yang akan datang ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia.

Sandiaga menyatakan pihaknya berkoordinasi dan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, serta sejumlah maskapai penerbangan. Tujuannya untuk menambah jam penerbangan, juga ketersediaan jumlah kursi pesawat terbang.

"Kami bekerja sama dengan Kemenhub dan maskapai untuk menambah penerbangan dan ketersediaan jumlah kursi," kata Sandiaga dalam rapat kerja bersama Komisi X di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (25/01/2022).

Sandiaga menyebut, selama pandemi beberapa waktu lalu membuat jumlah penerbangan pesawat menjadi berkurang karena adanya pembatasan. Sehingga kini pihaknya bersama lembaga atau kementerian lainnya, terus berupaya memulihkan kembali bertambahnya ketersediaan kursi dan jumlah penerbangan.

"360 derajat kita coba solusikan. Kita tidak hanya bisa bergantung pada maskapai dalam negeri saja, tapi kita harus merangkul maskapai dari luar negeri," ujarnya.

Setelah libur Natal dan tahun baru (Nataru), Sandi berharap, akan lebih banyak lagi jumlah penerbangan ke sejumlah destinasi wisata di Indonesia. Terlebih memprioritaskan kunjungan ke destinasi super prioritas (DSP), baik untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara (wisman dan wisnus).

Sandiaga menambahkan, dengan adanya Asian Tourism Forum (ATF) 2023 di Yogyakarta nanti, diharapkan dapat mengundang maskapai penerbangan dari luar negeri. Sehingga nantinya dapat mempermudah wisnus dan wisman untuk bepergian atau berkunjung ke destinasi wisata di Indonesia.
 
"Dengan adanya Asian Tourism Forum di Yogyakarta, kita akan evaluasi dan mengundang maskapai penerbangan luar negeri juga. Seandainya ada solusi penambahan jumlah penerbangan, ini akan kami fasilitasikan secara intensif," katanya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News