Sedapnya Tansudin, Varian Kekinian Ketan Susu yang Menggugah Selera

Icon CameraAgung Sulistyo
Minggu 20 November 2022 21:01 WIB
Sedapnya Tansudin, Varian Kekinian Ketan Susu yang Menggugah Selera
Sedapnya Tansudin, Varian Kekinian Ketan Susu yang Menggugah Selera. (Foto:celebrities.id/ MPI Agung Sulistyo)

PAYAKUMBUH, celebrities.id - Camilan tradisional ketan susu menjadi favorit hampir sebagian besar orang Indonesia. Di Payakumbuh, Sumatra Barat, ada variannya yang dikenal dengan nama Tansudin.

Bahan dasar Tansudin mirip menu ketan susu. Letak perbedaannya, Tansudin lebih kaya rasa karena dikombinasikan dengan berbagai bahan dan topping sebagai pelengkap.

"Tansudin sendiri merupakan singkatan dari ketan susu dingin, tetap berbahan ketan dan susu. Tapi lebih komplit isinya seperti ketan, susu, coklat, keju, krimer, es serut dan coklat krispi," kata pemilik kafe Dicko Asfandi Putra.

Dia mengakui, berkat modifikasi ketan susu, menu Tansudin menjadi favorit pengunjung. Bahkan waktu menyantap ketan susu yang dulu hanya dilakukan saat pagi hari kini Tansudin cocok dinikmati kapan saja.

Dicko sebelumnya sudah pernah menjual ketan susu konvensional. Kemudian timbul ide memodifikasi ketan susu agar bisa dinikmati kapan saja dan tidak membosankan. Upayanya cukup berhasil. Para penggemar baru Tansudin bermunculan. Seperti salah satu pembelinya, Yoga yang menyukai menu ini.

"Karakter rasa yang keluar dari Tansudin ini manis, gurih, segar, dan tidak eneg di perut. Jauh berbeda dengan ketan susu biasa," katanya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra