Sederet Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan

KlikDokter
Senin 23 Mei 2022 12:33 WIB
 Sederet Manfaat Totok Wajah untuk Kecantikan
Berbagai cara ditempuh wanita untuk mendapatkan kecantikan prima. Salah satunya dengan totok wajah. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Totok wajah merupakan terapi yang memadukan dua metode, yaitu acupressure (pijat atau tekan) dan bioenergi (tenaga dalam). Totok melibatkan penekanan di titik-titik tertentu pada wajah dengan menggunakan jari atau alat bantu khusus.

Totok wajah memiliki risiko yang minimal dan dapat dilakukan pada semua umur. Meski tidak ada batas umur untuk totok wajah, sebaiknya totok tidak dilakukan pada anak. Karena, pijatan pada wajah anak dapat menimbulkan rasa yang kurang nyaman. 

Bagaimana proses dan manfaat totok wajah? Simak lebih lanjut berikut ini.

Proses Totok Wajah

Perawatan kecantikan dengan totok wajah membutuhkan keterampilan tertentu dan harus dilakukan oleh ahlinya. Praktisi totok wajah menggunakan jemari untuk merangsang titik tekanan di seluruh wajah. 

Berikut tahapan totok wajah:

1. Tahap Pertama

Setelah wajah dibersihkan dengan lembut, terapi dimulai dengan beberapa pijat ringan di tubuh untuk mengendurkan otot. Terapis harus memastikan Anda merasa nyaman dengan tingkat tekanan yang diberikan. 

Pijatan berfokus pada daerah wajah, leher, dan punggung bagian atas. Pijatan ini akan membuat tubuh relaks dan melancarkan peredaran darah sebelum masuk ke bagian inti, yaitu wajah.

2. Tahap Kedua

Selanjutnya melibatkan totok dan memijat wajah. Dengan lebih dari 360 titik yang distimulasi, cara ini dianggap sebagai fase pengobatan yang paling intens. 

Sama seperti saat dipijat, terapis akan membagi daerah wajah menjadi kanan dan kiri. Pada fase ini, biasanya terapis juga akan memberikan krim nutrisi. 

Sebagian besar titik tekanan yang dirangsang selama totok wajah terletak di area sekitar alis dan mata, serta sepanjang sisi dahi, tulang pipi, dan dagu.

Lalu, terapis akan mengaplikasikan masker untuk meningkatkan kesegaran kulit agar manfaat totok wajah untuk kecantikan lebih maksimal.

3. Tahap Ketiga

Langkah terakhir, terapis akan melakukan pemijatan pada beberapa area wajah, seperti area garis senyum, pelipis, alis bagian atas, dan daerah pangkal hidung

 

1
/
3