Sejarah Lipstik Merah, Simbol Perlawanan sejak Era Cleopatra

Sri Lestari Rahayuningtyas
Selasa 13 September 2022 16:39 WIB
Sejarah Lipstik Merah, Simbol Perlawanan sejak Era Cleopatra
Sejarah lipstik merah. (Foto: celebrities.id/Instagram @ralineshah)

JAKARTA, celebrities.id – Lipstik merah sering dipilih banyak wanita ketika ingin tampil lebih percaya diri dan elegan sehingga tidak heran jika warna ini menjadi salah satu yang wajib dikoleksi.

Tapi di samping itu, ternyata ada simbol kekuatan perempuan kuno yang memakai lipstik berwarna terang ini.

Dilansir dari Byrdie pada Selasa (13/9/2022), lipstik berwarna merah ini sudah ada sejak tahun 2500 sebelum Masehi dan digunakan oleh Ratu Mesopotamia. Kemudian pada abad ke-1 sebelum masehi, Ratu Mesir Kuno, Cleopatra memakai lipstik merah dengan berbahan kumbang tanah yang mahal untuk membut ekstrak pigmen merah tua. 

Sejak digunakan oleh perempuan kuno ribuan tahun lalu, lipstick merah ditujukan bukan hanya untuk penampilan saja tapi juga untuk menegaskan status dan kekuasaan sekaligus simbol kekuatan serta kemakmuran yang dikenakan oleh Cleopatra.

Bahkan selama beberapa dekade, perempuan di Amerika Serikat menjadikan lipstick merah sebagai senjata untuk menuntuk hak piih agar sama dengan laki-laki.

Namun selama puluhan tahun berjuang, akhirnya para perempuan di Amerika Serikat mendapatkan haknya dan sejak saat itu, lipstik merah menjadi simbol pembebasan dan pemberontakan perempuan.

Terlepas dari sejarah panjang lipstik merah yang tidak mulus, kini penggunaan lipstik dengan warna itu digunakan lebih untuk mengekspresikan perasaan dan tingkat kepercayaan diri yang baik.

Editor : Tia Ayunita