Sejarah Mobil Volvo, Lahir di Swedia Paska Perang Dunia I

Bertold Ananda
Rabu 30 Juni 2021 01:26 WIB
Sejarah Mobil Volvo, Lahir di Swedia Paska Perang Dunia I
Mobil Volvo dikenal sebagai kendaraan premium yang sering dipakai menteri dan pejabat Tanah Air. (Foto: celebrities.id/Instagram @volvocars)

JAKARTA, celebrities.id – Mobil Volvo merupakan salah satu kendaraan premium nan mewah. Mobil ini, biasanya digunakan oleh para pejabat. Dengan desainnya yang elegan, mobil ini terlihat sangat mewah.

Mobil Volvo merupakan produk yang berasal dari Swedia. Berdiri sejak tahun 1927 di Kota Goteborg, Swedia. Tipe yang diluncurkan di pasaran bermacam-macam, mulai dari tipe sedan, SUV dan juga Station Wagon. 

Mobil rakitan Swedia ini mempunyai kompetitor yang cukup berat seperti Audi, BMW dan Mercedes Benz. Nah, untuk mengenal lebih dekat, berikut sejarah mobil Volvo.

1. Tahun 1927 – Mobil pertama kali diluncurkan
Tanggal 14 April 1927, mobil Volvo pertama melaju melewati gerbang pabrik di Gothenburg di pantai barat Swedia. Mobil itu secara resmi disebut V4 dan itu adalah tour terbuka dengan mesin empat silinder.

Awal berdiri Volvo cars merupakan anak perusahaan produksi bearing bernama SKF pada tahun 1935.

2. Tahun 1944 - Luncurkan Volvo ukuran kecil
Pada 1 September 1944, mobil yang akan menjadikan Volvo sebagai perusahaan mobil internasional diresmikan di Stockholm. “Volvo kecil”, demikian sebutannya. Nama ini terpandang di Swedia sebagai janji kemakmuran pascaperang dan dalam waktu dua minggu 2.300 orang memesan PV 444.

 

1
/
4