Sejarah Musik Dangdut hingga Perkembangannya di Indonesia

Icon CameraIqbal Widiarko
Selasa 24 Januari 2023 10:17 WIB
Sejarah Musik Dangdut hingga Perkembangannya di Indonesia
Sejarah musik dangdut di Indonesia. (Foto: celebrities.id/Instagram @rhoma_official)

JAKARTA, celebrities.id - Sejarah musik dangdut di Indonesia dapat menambah wawasan menarik kamu dalam memahami berbagai genre musik yang digemari masyarakat luas hingga kini. 

Salah satu icon dangdut yang sekaligus menjadi raja dangdut dunia adalah Rhoma Irama yang masih aktif dalam industri musik di Indonesia. Dirinya bahkan sempat tampil dalam acara ulang tahun salah satu televisi swasta dengan membawakan lagu kekinian dari idol group K-Pop BTS berjudul “Butter” dengan gitar listrik khas miliknya.

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (24/1/2023), celebrities.id telah merangkum sejarah musik dangdut, sebagai berikut.

Sejarah Musik Dangdut

Merujuk pada buku bertajuk “Pesan-Pesan Budaya Lagu-Lagu Pop Dangdut dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Sosial Remaja Kota” (1995) oleh Dloyana Kesumah dkk, musik dangdut awalnya dikenal sebagai orkes Melayu sekitar tahun 1940-an. Musik ini memiliki banyak unsur dari Semenanjung Melayu. Lirik atau syairnya pun berupa pantun.

Orkes Melayu keberadaannya di kampung-kampung dan menjadi kegemaran orang-orang yang kurang mampu kala itu. Orkes Melayu ini banyak berkembang di wilayah Medan dan Padang yang disebut sebagai lagu-lagu Melayu Deli. 

Seorang penyanyi asal Jakarta bernama Ellya Khadam mengembangkan suatu gaya nyanyian yang "setia" pada produk Orkes Melayu dan menciptakan suatu irama dan suara barn (dengan instrumen India, Arab,dan gendang Indonesia,suling bambu) yang meminjam dari musik dalam film-film India yang terkenal pada masa itu.

Dia memasukkan suatu dinamisme dan sensualitas yang unik ke dalam musiknya dan denyutannya dalam membawakan lagu "Boneka dari India" (syairnya ditulis oleh Husein Bawafie tahun 1956) dan dapat dikatakan sebagai lagu pure dangdut yang pertama hadir di industri musik Indonesia. 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2